BREAKINGNEWS.CO.ID - Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, mengungkapkan nasib Luis Milla bersama Timnas Indonesia U-23 tergantung dengan hasil di Asian Games 2018. Seperti diberitakan sebelumnya, masa depan pelatih asal Spanyol itu menjadi pertanyaan karena, pada sisa kontraknya yang akan berakhir Agustus 2018, belum ada tanda-tanda perpanjangan kontrak.

Pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang 18 Agustus hingga 2 September 2018, Luis Milla dibebani target untuk meloloskan timnas Indonesia U-23 ke empat besar Asian Games 2018. Edy Rahmayadi, tak memberikan garansi apa pun untuk masa depan Luis Milla. "Kontrak Luis Milla itu sampai Agustus ini. Diperpanjang atau tidak akan tergantung kepada prestasi," ujar Edy Rahmayadi di Jakarta, Rabu (1/8/2018).

"Prestasi ini kan kecocokan. Mungkin ada yang lebih cocok dengan body language-nya orang Indonesia gitu. Jadi tunggu dulu. Kalau diperpanjang atau tidak diperpanjang nanti itu tergantung apa yang sudah dibikin prestasinya. Kan itu target, orang kalau tidak ditarget ini kan susah, nanti seenaknya." kata Gubernur terpilih Sumatera Utara itu.

Asian Games layaknya Ujian Akhir Nasional (UAN)

"Asian Games ini adalah target terakhirnya. Ini sekarang UAN buat Luis Milla, refleksi dari perjalanan sebelumnya. Kami melihat kecocokan pelatih dengan sistem yang kami buat. Orangnya bisa berganti, sistemnya yang tidak boleh berganti. Ibaratnya ujian akhir nasional untuknya, ya di Asian Games ini," ujar Tisha.

Kendati masih menggantung masa depan Luis Milla hingga usai Asian Games 2018, PSSI membantah sudah mempersiapkan kandidat pelatih pengganti. Menurut Ratu Tisha, PSSI belum sampai ke arah sana karena masih akan mengevaluasi Luis Milla lewat Asian Games 2018.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-23 tengah menjalani TC tahap akhir di Bali sejak 24 Juli 2018. Total ada 24 pemain yang dipanggil meski satu di antaranya belum bisa hadir. Nantinya ada empat pemain yang dipulangkan untuk memenuhi kuota 20 pemain.

Sayangnya, beberapa uji coba terakhir yang mereka lakoni, khususnya sepanjang 2018, tak menuai hasil yang memuaskan. Bahkan, enam laga uji coba beruntun yang dijalani Garuda Muda berakhir tanpa kemenangan.

Untungnya, pada laga uji coba terakhir melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (31/7/2018), hasil yang lebih positif didapat Garuda Muda. Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan menang 2-1.

Berikut Jadwal Timnas Indonesia di Asian Games 2018


12 Agustus: Indonesia Vs Taiwan

15 Agustus: Indonesia Vs Palestina

17 Agustus: Indonesia Vs Laos

20 Agustus: Indonesia Vs Hong Kong