Jakarta - Pertandingan kedua di Grup A, Piala Dunia 2018 akan bentrok dua tim dengan sejarah yang berbeda di turnamen sepak bola terbesar di jagad ini.  Laga kedua ini Uruguay akan menjajal Mesir di Stadion Ekaterinburg Arena, Ekaterinburg, Jumat (15/6/2016).

Laga ini sekaligus laga perdana yang mempertemukan kedua tim, karena sebelum nya mereka belum pernah bentrok di ajang makna pun. Bermain di laga kedua Uruguay dan Mesir, punya beban untuk bisa mengumpulkan tiga poin. Poin kemenang rasanya sangat krusial guna berpacu untuk menembus perdelapan final nanti.

Bagi Mesir, laga ini jelas sangat ditunggu. Tim The Pharaoh (Firaun) selama hampir tiga dekade absen dari Piala Dunia. Laga ini juga akan menjadi penampilan resmi pertama Mohamad Salah setelah mengalami setelah cedera bahu di final Liga Champions lalu. Melihat penampilan Salah semusim bersama Liverpool, Uruguay akan memusatkan perhatian pada pemain ini.

Mohamed Salah sendiri dipastikan "hampir 100%" siap tampil di laga pembuka di Piala Dunia melawan Uruguay di Ekaterinburg. Ia memang belum bermain sejak cedera ligamen bahu saat final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid pada 26 Mei. "Saya hampir bisa meyakinkan Anda 100% ia akan bermain, menyelamatkan keadaan tak terduga pada menit-menit terakhir," kata Hector Cuper, pelatih Mesir.

Selain itu bek Ali Gabr juga harus fit untuk bermain setelah memar wajahnya di latihan. Pertandingan itu akan menjadi yang pertama bagi Mesir di putaran final Piala Dunia dalam 28 tahun. 

Uruguay, sementara itu, diharapkan bisa menurunkan pemain muda yang beroperasi di lini tengah Rodrigo Bentancur ( 20 tahun) dan Nahitan Nandez (22 tahun).

Uruguay sebagai tim yang sudah kali menjuarai Piala Dunia berharap bisa menyingkirkan Mesir yang dianggap sebagai sandungan pertama bagi mereka.  Akan menjadi tugas berat bagi bintang Luis Suarez dan Edinson Cavani untuk bisa membuktikan mereka mampu membawa kemenangan pada laga perdana untuk timnya di PD. Uruguay tercatat belum membuka pertandingan perdana di Piala Dunia dengan kemenangan sejak tahun 1970. Dalam 48 tahun ini, rekor mereka di laga perdana adalah tiga kali seri dan tiga kali kalah. Tentu Suarez dan Cavani diharapkan membuat perubahan di Ekatarinburg ini.

 “Tim Uruguay telah mempersiapkan dengan baik selama seminggu terakhir di Pusat Olahraga Borsky, dengan semua pemain di bawah arahan pelatih veteran, Oscar Washington Tabarez. Semua berharap untuk melihat upaya Uruguay untuk mempertahankan rekor mereka dan menang atas Mesir,” kata Florencia Simoes reporter dari Uruguay.

Prakiraan Susunan Pemain

Mesir: Mohamed El Shenawy; Ali Gabr, Ahmed Hegazy, Ahmed Fathi, Mohamed Abdel Shafi; Tarek Hamed, Mohamed El Neny, Mahmoud Trezeguet, Abdulla Said; Ramadhan Sobhi, Marwan Mohsen.

Uruguay: Fernando Muslera; Guillermo Varela, Jose Maria Gimenez, Diego Godin, Martin Caceres; Nahitan Nandez, Matias Vecino, Rodrigo Bentancur, Giorgian De Arrascaeta; Edinson Cavani, Luis Suarez.