BREAKINGNEWS.CO.ID - Mampu menjuarai Liga 1 2018 bukan jaminan untuk Persija Jakarta mempertahankan komposisi pemain untuk musim 2019. Banyak pemain yang datang, lebih banyak juga pemain yang hengkang, ataupun pemain yang mencoba peruntungannya di klub Ibu Kota itu alias untuk menjalani trial.

Persija seperti cuci gudang awal tahun. 11 Pemain pergi, mereka di antaranya adalah M Rizky Darmawan, Rudi Widodo, Frengky Kogoya, dan Gunawan Dwi Cahyo. Jaimerson da Silva. Kehilangan beberapa pemain langsung membuat manajemen Persija Jakarta bergerak mencari penggantinya. Pemain pertama yang didatangkan Persija Jakarta adalah Ryuji Utomo.

Persija Jakarta bukan klub yang asing buat Ryuji Utomo. Pada musim 2017-2018, sang pemain pernah berseragam Persija. Dia mencatatkan 14 penampilan di Liga 1. Pada awal musim 2018, Bek tengah asal Jakarta itu itu berkarir di Thailand untuk memperkuat PTT Rayong. Ryuji sukses membawa klubnya itu promosi ke Thai League 1 atau kompetisi kasta tertinggi Liga Thailand.

Pemain kedua yang didatangkan Persija Jakarta adalah Bruno Matos. Gelandang serang asal Brasil itu sebelumnya memperkuat klub kasta tertinggi di Malaysia, PKNS FC, selama setengah musim 2018.

Bruno Matos bergabung dengan Persija untuk menggantikan peran Renan Silva yang bergabung ke Borneo FC pada musim 2019. Pemain berusia 28 tahun itu dikontrak satu musim oleh Persija Jakarta. Lalu masih ada beberapa pemain baru yang didatangkan Persija Jakarta yakni Heri Susanto (PSM Makassar), Resky Fandi (Martapura FC/timnas U-19 Indonesia), dan Dany Saputra (Bhayangkara FC).

Teranyar, Persija mendatangkan gelandang asal Uzbekistan Jahongir Abdumuminov. Manajemen Persija memiliki alasan tersendiri kenapa akhirnya merekrut Abdumuminov untuk mengisi kuota pemain asing Asia. Itu lantaran gelandang asal Nepal dan sekaligus pemain terbaik Liga 1 2018, Rohit Chand, masih belum memberikan kepastian hingga saat ini.

Abdumuminov sebelumnya memperkuat klub Tajikistan, FC Istiklol, memang juga berposisi sebagai gelandang. "Dia (Jahongir) pemain bagus. Dia juga pemain tim nasional Uzbekistan. Mudah-mudahan dia bisa menunjukkan permainan terbaiknya di Persija. Perekrutan Jahongir kami rasa sangat bagus," ujar Gede, dalam rilis resmi klub, Jumat (11/1/2019).

Selain mendatangkan pemain baru, ada juga pemain-pemain yang sedang trial di Persija Jakarta. Sejak latihan perdana, Senin (7/1), setidaknya ada tujuh pemain yakni Kevin Schuenneman, Akbar Zakaria, Ahmad Hari, Achmad Nurifasa, Ikhsan Hari, Indra Setiawan, dan Sahrul Kurniawan. Dari tujuh pemain tersebut, tersisa tiga nama yang masih mencoba peruntungan di Ibu Kota Indonesia, yakni Akbar Zakaria, Ikhsan Hari, dan Indra Setiawan. Sisanya empat pemain dicoret karena tidak sesuai dengan keinginan tim pelatih.

Stefano Cugurra Hengkang, Ivan Kolev Datang


Tak cum melakukan pergerakan transfer pemain saja. Persija Jakarta juga harus rela ditinggal pelatihnya, Setafno Cugurra. Sang pelatih memiliki alasan tak melanjutkan kerja sama dengan Persija. Ia merasa telah mendapatkan segalanya dengan Persija dan butuh tantangan baru di klub lain. Pernyataan pelatih asal Brasil itu memang benar, sepanjang mengarungi musim 2018, dia telah sukses mengantarkan skuat Macan Kemayoran merengkuh gelar Boost Sports Super Fix 2018 dan Piala Presiden 2018 pada turnamen pramusim, serta menjadi kampiun kompetisi resmi Liga 1 2018.

Untuk menggantikan posisi Teco, Persija merekerut pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev. Pelatih 61 tahun itu merupakan mantan pelatih Persija pada tahun 1999 hingga 2000. Saat itu dirinya memang gagal mengantarkan Persija juara, namun ia berhasil melahirkan Bambang Pamungkas menjadi striker tajam. Selain Persija, Kolev juga pernah menangani Timnas Indonesia. Lalu di level klub Indonesia, pelatih asal Bulgaria itu pernah melatih Persipura Jayapura dan PS TNI yang kini menjadi PS Tira.

Berikut Daftar Bursa Transfer Persija Jakarta


Pemain KeluarM Rizky Darmawan (Rumor ke Persita Tangerang)Gunawan Dwi Cahyo (Rumor ke Bali United)Asri Akbar (Resmi ke Borneo FC)Michael Orah (Rumor ke Kalteng Putra)Renan Silva (Resmi ke Borneo FC)Jaimerson Xavier (Resmi ke Madura United)Achmad Syaifullah (Belum Diketahui)Frengky Kogoya (Belum Diketahui)Osas Saha (Belum Diketahui)Rudi Widodo (Belum Diketahui)M Rasul Habibi (Belum Diketahui)

Pemain BaruRyuji Utomo (PTT Rayong)Heri Susanto (PSM Makassar)Resky Fandi (Martapura FC/Timnas U-19 Indonesia)Dany Saputra (Bhayangkara FC)Bruno Matos (PKNS)

Pemain TrialAkbar Zakaria (Bek Kanan PSS Sleman)Indra Setiawan (Penyerang PSMP Mojokerto Putra)Ikhsan Hari (Penyerang 757 Kepri Jaya)

Pemain Trial yang DicoretSahrul Kurniawan (Bek Tengah Persika Karawang)Ahmad Hari (Bek Kiri PSM Makassar)Achmad Nurifassa (Bek Kanan 757 Kepri Jaya)Kevin Schuenneman (Naturalisasi)