BREAKINGNEWS.CO.ID  – Pembinaan berkelanjutan dan kompetisi berjenjang yang dimulai  sejak dini menjadi kunci bagi karatekan Inkai untuk mencapai prestasi tinggi hingga level internasional.  “Pembinaan dan kompetisi berjenjang antara lain melalui kejurnas ini akan melahirkan karateka berkualitas untuk ditampilkan di tingkat internasional,”ujar Menpora Zainudin Amali saat meresmikan  Kejurnas Karate Perguruan INKAI (Institut Karate-Do Indonesia)  2020 di GOR POPKI, Cibubur, Jumat (21/2/2020).

“Kami berharap para atlet yang tampil dalam pertandingan mampu menjunjung tinggi azas sportifitas. Dengan kemenangan yang nyata, prestasi yang dimiliki dapat mengangkat nama bangsa dan negara saat tampil di event karate internasional,”tegas Menpora  usai  menerima penyematan penghargaan sabuk Dan VII oleh Ketua Dewan Guru Inkai Harmen Lukas Tompodung.

Didamping Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, Kejurnas INKAI yang diikuti ratusan atlet dari berbagai daerah itu berlangsung pada 21-23 Februari 2020.

Menpora menegaskan, melalui Kejurnas INKAI yang berlangsung tiga hari di GOR Cibubur dapat dijadikan Candra dimuka para atlet nasional meraih prestasi dunia. Para atlet kadet, junior yang tampil dalam pertandingan dapat melanjutkan prestasinya hingga ke Olimpiade.

Para senior yang dipersiapkan menuju Olimpiade di Jepang Agustus mendatang berjuang untuk mendapatkan tiket. Hal itu memerlukan dukungan Do’a para atlet junior, agar cabang karate mampu membawa prestasi optimal sekembalinya ke Tanah Air dari Jepang nantinya.

Melalui prestasi atlet kata Menpora, tidak menutup kemungkinan lagu Indonesia berkumandang dan bendera Merah-Putih berkibar di Tokyo, Jepang. Hal itu yang sangat didambakan masyarakat pencinta olahraga karate khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. “Saya mengucapkan terima kasih pada para tokoh dan dewan guru karate INKAI yang memberikan penghargaan penyematan sabuk Dan hitam. Saya berharap perguruan karate Inkai lebih maju dalam melahirkan atlet berprestasi nasional menuju internasional,”papar Menpora.

Sementara kontingen DKI Jakarta yang berkekuatan 171 atlet berjuang meraih juara umum dalam Kejurnas INKAI 2020. Ketua Pengprov INKAI DKI Jakarta  Brigjen TNI Herianto Syahputra langsung turun kelapangan memberikan dorongan semangat pada para atletnya untuk tampil maksimal. “Melalui perjuangan keras, tidak menutup kemungkinan obsesi meraih juara umum bisa terkabul,”tambah Harianto lagi.