BREAKINGNEWS.CO.ID -  Mesjid harus menjadi tempat untuk menebarkan kesejukan dan informasi akurat sehingga kelompok sekuler tak menjauh dari rumah ibadah ini. Kelompok tersebut potensial untuk menjauhi agama dan mesjid jika cekokan info hoax terus menerus disuarakan di tempat manusia hendak mendekati tuhan itu.

Hal inilah yang ditekankan Ketua Dewan Pembina Masyarakat Cinta Masjid (MCM), Budi Karya Sumadi saat bersilaturahmi dengan pengurus Yayasan Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan , Jumat (1/2/2019).

"Kalau masjid terus menerus menyebarkan hoax, yang sekuler bisa kabur," ucap Budi usai shalat Jumat bersama Ketua Umum MCM, Wishnu Dewanto, jajaran pengurus MCM dan pengurus Yayasan Al Azhar.

Tindakan menjauh tersebut diambil oleh penganut ide pemisahan urusan agama dan dunia secara tegas ini, karena mayoritas mereka punya pemikiran cenderung logis sekaligus kritis, sehingga mampu memilah mana info yang benar dan mana yang bohong. "Mesjid yang semestinya tempat mendapatkan kebeneran, kok bertindak sebaliknya, ini yang membuat mereka kabur dan menjauh,"lanjutnya.

Budi yang juga Menteri Perhubungan (Menhub) ini mencontohkan Masjid Al Azhar yang konsisten menyampaikan khotbah yang menyejukkan bagi umat.

"Khotbah disini tegas tapi sejuk dan tidak menyampaikan hoax," ujar Budi.

Ia mengaku sudah mengenal Masjid Al Azhar sejak kecil. Masjid di bilangan Kebayoran Baru ini dikenal sebagai masjid yang punya potensi luar biasa dan selalu meng-up date keilmuan. Apalagi  dari rumah ibadah ini, Buya Hamka mulai membesarkan nama  Majelis Ulama Indonesia.

"Oleh karenanya MCM ingin bersahabat dengan masjid yang punya pattern yang luar biasa ini," lanjut Budi.

Ketua Umum Yayasan Al Azhar, Sobirin HS mengaku pihaknya memang tak mau menjauhkan umat dari masjid. "Hal inilah yang terus kita jaga," ujar Sobirin.

Sementara itu, Ketua Umum MCM, Wishnu Dewanto mengatakan, MCM akan melanjutkan roadshow ke masjid-masjid. Sesudah Al Azhar, giliran masjid-masjid di Banten akan disambangi MCM.

"Kita akan ke Banten, sekaligus memberikan bantuan pada korban tsunami Selat Sunda kemarin," pungkas Wishnu.