BREAKINGNEWS.CO.ID - Penyidik Polda Metro Jaya memanggil mantan Sekretaris Jenderal PP Pemuda Muhammadiyah Irfanus Rasman. Irfanus dipanggil terkait kasus dugaan penyelewengan dana kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia.

"Hari ini pemanggilannya. Pemanggilan eks Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah," ucap Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Bhakti Suhendrawan saat dikonfirmasi Jumat (1/3/2019).

Pada Kamis 28 Februari 2019 kemarin, polisi juga menjadwalkan pemanggilan Ketua Panitia acara Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia, sekaligus mantan Bendahara PP Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani, tapi mangkir. Selain Ahmad Fanani, anggota panitia Kemah Pemuda Islam yang lain, yakni Abdul Rahman Syahputra Batubara, dan Virgo Sulianto Gohardi juga tak memenuhi panggilan polisi kemarin. 

Dana penyelenggaraan Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia pada 2017, diduga bermasalah. Laporan dugaan penyimpangan itu sedang ditangani Polda Metro Jaya. Panitia Kemah Pemuda mengembalikan uang sebesar Rp2 miliar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menjadi penyedia anggaran acara tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah memiliki bukti cukup untuk menindaklanjuti laporan dugaan penyimpangan dana ini.

"Ini kan, kegiatan tahun 2017. Kami sudah ada bukti permulaan, yang cukup diduga adanya penyimpangan anggaran daripada kegiatan kemah yang dilaksanakan Kemenpora tahun anggaran 2017. Kalau ada pengembalian uang, tidak menghilangkan tindak pidananya," kata Argo.