BREAKINGNEWS.CO.ID-Duel antara Manchester City vs Liverpool di matchweek 21 Premier League yang akan segera berlangsung beberapa saat lagi di Ettihad Stadium disebut-sebut sebagai laga penentu dalam perebutan gelar juara musim kompetisi Liga Inggris 2018-2019 ini, mengingat kedua tim itulah yang terkuat.

Pada pertemuan pertama lalu, di Anfield, pertandingan berakhir tanpa gol. Saat itu Manchester City sebenarnya berpeluang menang, jika eksekusi penalti Riyad Mahrez menjebol gawang Allisson Becker. Kedua tim masih bermain lebih hati-hati karena klasemen yang begitu ketat.

Kini, Liverpool lebih diunggulkan karena mereka berada di puncak klasemen sementara dengan 54 poin. Manchester City harus puas di posisi ketiga dengan 47 poin. Kondisi ini membuat laga Jumat (4/1/2019) dini hari ini jadi jauh lebih penting.

Sebelumnya, manajer Manchester City Josep 'Pep' Guardiola mengakui gelar juara sudah hampir pasti lepas dari timnya jika kalah dari Liverpool di pertandingan ini. Sebab, jika kalah, berarti Manchester City akan tertinggal 10 poin dari Liverpool.

"Kami tahu bahwa dengan melihat posisi Liverpool, jika kami kehilangan poin maka persaingan telah tamat, sudah selesai," ungkap bos Manchester City itu pada Daily Mail.

"Itu [juara] akan jadi nyaris mustahil. Memang mereka akan kehilangan poin juga tetapi tak terlalu banyak. Jika ingin melaju sebaik mungkin sampai akhir, kami harus mengingat apa yang terjadi musim lalu dan musim ini - terlepas dari beberapa hari terakhir," sebut Pep.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, tak sepakat dengan Guardiola. Memang laga ini penting, seperti laga dengan enam poin. Akan tetapi Klopp mengingatkan bahwa ini masih bulan Januari, masih terlalu awal.

"Saya tak benar-benar tahu, anda harus bertanya pada Pep. Jika kami berada 10 poin di belakang mereka maka satu hal yang akan saya katakan setelah laga adalah 'kami masih akan terus mengejar mereka'."

"Ini masih 3 Januari. Ini adalah pertandingan yang sangat, amat penting untuk kedua tim, jelas. Ini seperti pertandingan dengan enam poin, kami bermain melawan satu sama lain, hasil pertandigan tak bisa diperkirakan," imbuh Klopp.

"Mereka akan siap dan kami harus memastikan bahwa kami juga siap."

Lima Duel Terakhir Manchester City vs Liverpool di semua kompetisi

7.10.18-Liverpool Vs Manchester City 0 : 0

26.7.18-Manchester City Vs Liverpool 1 : 2

11.4.18-Manchester City Vs Liverpool 1 : 2

5.4.18-Liverpool Vs Manchester City 3 : 0

14.1.18-Liverpool Vs Manchester City 4 : 3