JAKARTA - Hujan es disertai angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Rabu (24/1/2018) siang ini. Kejadian itu yang berlangsung sekitar 10 menit itu juga melanda hingga ke Kota Magelang bagian selatan.

Warga di Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang merasakan hujan deran disertai angin kecang dan kemudian turun butiran es sebesar kelereng. Salah satu warga Mertoyudan, Agus Hadi menyampaikan, dirinya tengah menaiki sepeda motor saat kejadian itu berlangsung.

"Saya sedang dalam perjalanan dari Mertoyudan mau ke Kota Magelang. Kondisi memang sudah hujan deras disertai angin, tiba-tiba di tengah perjalanan tangan saya sakit, ternyata terkena butiran es," ujar Agus, Rabu (24/1/2018).

Menurut Agus, para pengendara yang lain juga terkejut dengan fenomena ini. Bahkan, sebagian pengendara mobil juga terpaksa berhenti sesaat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. "Mobil-mobil ada yang berhenti, ada yang berjalan pelan. Selain karena terjangan es, juga karena jarak pandang yang pendek akibat hujan es ini," katanya.

Agus memberi tambahan, hujan es berlangsung sepanjang sekitar satu kilometer mulai dari Simpang Empat Pakelan sampai Simpang Artos, Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Atau selama Jalan Sarwo Edi Wibowo. "Beberapa dahan pohon tampak patah, tapi sepertinya tidak sampai ada korban," ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto menyebutkan, hujan es hanya berlangsung di seputaran Kecamatan Mertoyudan. "(Hujan es) di sekitaran Mertoyudan. Sementara belum ada laporan kerusakan," jelasnya. Walaupun demikian, sampai sekarang ini BPBD terus melakukan pemantauan, mengingat hujan deras masih mengguyur wilayah Magelang.