BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Ducati Team, Jorge Lorenzo  menyatakan mundur dari balapan seri ke-15 MotoGP Thailand 2018. Mundurnya Lorenzo tersebut, tentu tak terlepas dari kecelakaan yang dialaminya di sirkuit Chang Internasional pada Jumat (5/10/2018) itu.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pembalap asal Spanyol itu mengalami kecelakaan mengerikan saat hendak menjalani sesi latihan bebas kedua. Di mana Lorenzo yang hendak memasuki Tikungan 3 mengalami highside pada roda belakang motornya yang membuatnya terpental dan terguling ke pinggir lintasan.

Kendati tak cedera serius, namun ia menderita luka memar pada pergelangan tangan kiri serta pergelangan kaki kanan. Melihat kondisinya yang belum pulih usai cedera fraktur jari kaki ketika terjatuh di Aragon, Lorenzo pun mengindikasikan akan mundur dari balapan Buriram. “Seperti yang saya katakan kemarin, peluang untuk bersaing sangat minim, tetapi ini sebelum saya tahu dari hasil scan bahwa saya memiliki celah di ujung radial (tulang lengan bawah). Pergelangan tangan saya sakit sekali,” tutur Lorenzo, dikutip Motorsport, Sabtu (6/10). 

“Ini adalah MotoGP Thailand yang pertama, saya akan merasa sedih (absen) seperti Grand Prix lainnya. Saya tidak ingin ketinggalan Grand Prix. Saya melakukan apa pun untuk sampai di sini dan mencobanya. Jika saya bertarung untuk kejuaraan mungkin saya akan lebih putus asa karena kehilangan poin, tetapi tidak dengan posisi saya di kejuaraan,” keluh Lorenzo.

Pembalap berusia 31 tahun itu juga tak yakin apakah bakal fit saat MotoGP menyambangi Motegi dua pekan mendatang. “Saya tidak tahu dalam kondisi apa saya akan tiba di Motegi, terutama untuk pergelangan tangan,” keluhnya lagi.

“Saya tidak khawatir untuk hal lainnya, tetapi untuk pergelangan tangan, saya khawatir tentang proses pemulihan. Pergelangan tangan adalah cedera yang sangat rumit untuk mengendarai motor. Saya sangat khawatir, karena Jepang adalah salah satu trek favorit saya. Saya ingin tiba di sana sebaik mungkin,” harapnya.

“Saya ingin percaya akan tiba (di Jepang), pastinya bukan 100%, tapi mungkin 90 persen. Tapi saya meragukannya, karena pergelangan tangan. Saya pikir bagian lain dari tubuh saya akan menjadi 95%, 90% Tapi pergelangan tangan adalah satu-satunya hal yang membuat saya khawatir,” jelas Lorenzo.

Meski absen balapan, sang pembalap Ducati akan tetap berada di Thailand untuk pemulihan lebih lanjut. Ia memilih bertahan ketimbang pulang kembali ke Eropa.