BREAKINGNEWS.CO.ID - Liga profesional level teratas dalam Sistem liga sepak bola di Indonesia, Liga 1 2018 menjadi wadah yang tepat bagi pemain muda. Hal tersebut bisa dibuktikan karena sudah banyak pemain muda dari seluruh klub di Indonesia yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk memperkuat skuad inti Timnas Indonesia.

Pemain muda menjadi aspek penting dalam perkembangan sepak bola suatu negara. Oleh karena itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Liga 1 membuat aturan yang mewajibkan klub memiliki tujuh pemain berusia 23 tahun menjadi berkah buat pemain muda. Dengan demikian, mau tidak mau klub wajib menggunakan pemain muda pada setiap pertandingan yang dilalui. Aturan itu juga yang membuat pemain muda mendapatkan jam terbang di klub.

Dengan adanya wadah untuk berkembang pada akhirnya melahirkan pemain muda di klub-klub Indonesia. Apalagi para pelatih modern juga sudah tidak ragu lagi untuk menggunakan jasa pemain muda. Maka, bukan hal yang sulit untuk menemukan pemain berusia di bawah 23 dalam setiap pertandingan Liga 1 2018. Hal itulah yang membuat para pemain muda mendapatkan jam terbang bermain di liga. PT LIB pun pada akhir musim memiliki rencana akan merilis penghargaan untuk pemain muda terbaik di Liga 1 2018. Lalu, siapa saja pemain muda yang berpeluang mendapatkan penghargaan tersebut? Berikut ini tiga pemain kandidat penghargaan pemain muda terbaik Liga 1 2018:

Hansamu Yama Pranata (Barito Putera)

Hansamu Yama Pranata mulai terkenal setelah penampilan gemilangnya bersama klub Barito Putera pada 2017 lalu. (Foto: Robbi Yanto/breakingnews.co.id).

Nama Hansamu Yama Pranata mulai terkenal setelah penampilan gemilangnya bersama klub Barito Putera pada 2017 lalu. Pada musim itu, pemain kelahiran 16 Januari 1995 langsung tampil di tim inti dan membukukan 20 penampilan. Penampilan apiknya di jantung pertahanan Berito Putera membuat Hansamu dipanggil ke skuad Timnas Indonesia untuk SEA Games 2017. Pelatih asal Spanyol yang kala itu menukangi Timnas Indonesia, Luis Milla langsung memberikannya kepercayaan menjadi kapten. Musim ini, Hansamu Yama pun tampil impresif bersama Barito Putera. Pemain yang saat ini berusia 23 tahun itu sukses membukukan 19 penampilan dan menjadi pemain inti di Laskar Antasari.

Osvaldo Haay (Persebaya Surabaya)

Osvaldo Ardiles Haay atau Osvaldo Haay (merah) saat memperkuat Timnas Indonesia kala menjalani laga uji coba melawan Islandia. (Foto: Dok. Istimewa).

Penampilan apik bersama Persipura Jayapura musim lalu membuat Osvaldo Ardiles Haay atau Osvaldo Haay mendapatkan tawaran untuk memperkuat Persebaya Surabaya musim 2018. Pemain berusia 20 tahun itu tampil impresif di lini sayap Bajul Ijo. Sejauh ini, Osvaldo Haay sudah mencatatkan 21 penampilan untuk Persebaya. Pemain asli binaan akademi Persipura itu sudah mengemas 10 gol untuk Persebaya di Liga 1 2018. Usianya yang masih muda membuat masa depan Osvaldo Haay diprediksikan akan cerah. Hal itulah yang membuat namanya masuk ke dalam kandidat pemain muda terbaik Liga 1 2018. 

Febri Hariyadi (Persib Bandung)

Febri Hariyadi merupakan pemain asli binaan akademi Persib Bandung dan selalu menuai pujian dari pelatih lawan Timnas Indonesia. (Foto: Robbi Yanto/breakingnews.co.id).

Febri Hariyadi merupakan pemain asli binaan akademi Persib Bandung. Pada 2016, Febri mendapatkan kesempatan promosi ke tim utama Maung Bandung. Febri langsung mengisi skuat inti Persib dan sukses mencatatkan 21 penampilan. Musim ini, Febri pun masih menjadi andalan Persib di lini sayap kiri dan sudah tampil dalam 17 pertandingan. Kegemilangan Febri di Persib pun membuat namanya menjadi langganan di Timnas Indonesia. Pada Piala AFF 2018, pelatih Bima Sakti mempercayakan posisi sayap kiri Tim Merah-Putih pada pemain berusia 22 tahun tersebut.