BREAKINGNEWS.CO.ID - Lintas selatan Jawa Barat menjadi jalur favorit para pemudik yang ingin mudik ke Jawa Tengah. Salah satu kota cantik yang dilintasi pemudik adalah Kota Banjar Patroman. Kota di perbatasan Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Cilacap ini menyimpan keindahan alam.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, Banjar yang merupakan pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat, sangat sayang untuk dilewati begitu saja. Kota dengan luas sekitar 113 kilometer persegi ini menyimpan banyak lokasi wisata alam yang masih natural.

Bagi pemudik yang lelah dalam menempuh perjalanan, tentunya dapat melipir sejenak menikmati wisata di Kota ini. Sebut saja Situ Mustika, Situ Leutik, Lembah Pajamben, Puncak Pagerbatu, Curug Cibonte, Rest Area Banjar Atas, Kolam Alami Mandalare, Dinding Hits Sumanding, Curug Panganten, dan Banjar Waterpark. Kesepuluh lokasi wisata ini mewarnai #PesonaMudik2019 yang sangat sayang untuk tidak dikunjungi.

Berikut 10 lokasi wisata di Kota Banjar

1. Situ Mustika

Obyek wisata ini sangat terkenal di Banjar. Terletak di Desa Karang Panimbal, Kecamatan Purwaharja atau di kaki Gunung Pemancar (Babakan), Situ ini sangat sejuk dengan hamparan hutan jati yang hijau dan rimbun.

Keberadaan pulau kecil di tengah Situ Mustika menjadi magnet tersendiri. Pulau dapat diakses dengan menyeberangi jembatan gantung. Oh iya, jembatan gantung ini sangat populer sebagai lokasi untuk foto pre-wedding. Untuk pecinta alam bisa kemping di akhir pekan di kawasan ini.

2. Situ Leutik.

Situ Leutik berlokasi di dua dusun, yaitu Dusun Pasirnagara dan Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Kecamatan, Kota Banjar. Pengunjung Situ Leutik dapat memancing ikan sembari menikmati keindahan alam.

Ada satu syarat yang wajib dipatuhi pengunjung Situ Leutik. Menurut warga, pengunjung disarankan tidak mengucapkan kata-kata kotor dan berbuat tidak pantas di kawasan ini. Konon Situ Leutik merupakan kawasan wingit alias angker di Kota Banjar.

3. Lembah Pajamben

Bagi kamu yang 'gila' dengan wisata alam, Lembah Pajamben dapat menjadi tujuan wisata kamu. Lembah ini memiliki panorama alam yang indah dan romantis. Lembah ini menjadi wisata swafoto.

Pengelola Lembah Pajamben melengkapi keindahan alam dengan menyediakan fasilitas kuliner dan flying fox. Selain itu, setiap Minggu pagi, pengelola menggelar senam aerobic, pameran hewan-hewan eksotik, dan live musik.


4. Puncak Pagerbatu

Pesona Kota Banjar seperti tiada batas dengan wisata alam. Puncak Pagerbatu menjadi alternatif wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Puncak Pagerbatu berlokasi sekitar 8 kilometer tenggara Kota Banjar, tepatnya di Dusun Pagerbatu RT 21 RW 07 Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Puncak ini berada di ketinggian 240 meter di atas permukaan laut. Puncak Pagerbatu dapat dilalui di Jalan Banjar-Pangandaran.

Di ketinggian Puncak Pagerbatu, panorama Kota Banjar dapat dinikmati. Sehingga spot foto sangat beragam. Rencananya, pengelola akan membangun 16 fasilitas diantaranya flying fox, joggin track, tangga pelangi, taman lampion, kafe, restoran, dan kebun bunga.


5. Curug Cibonte

Masih seputar wisata alam. Curug Cibonte termasuk lokasi wisata alam yang menjadi primadona di Kota Banjar. Pengunjung dapat menikmati segarnya air Curug Cibonte setinggi 30 meter di Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Lokasi Curug Cibonte tidak jauh dari objek wisata Situ Leutik. Kondisi Curug Cibonte yang masih asri dan natural sangat sejuk.


6. Rest Area Banjar Atas

Rest Area Banjar Atas bukan sekedar tempat peristirahatan biasa. Rest Area ini terletak di sisi Jalan Brigjen M. Iasya. Rest Area Banjar Atas sangat rimbun dengan pepohonan. Beberapa warung di Rest Area ini menjual kuliner khas Banjar.


7. Kolam Keren Mandalare

Kolam Mandalare berada di kawasan pedesaan dengan tebing batu sebagai latar belakangnya. Kolam ini berada di sebuah desa di kecamatan Pataruman yang sebagian besar wilayahnya didominasi hutan dan perbukitan Gunung Sawal.


8. Dinding Hits Sumanding

Dinding Hits Sumanding tidak kalah tenar di Kota Banjar. Dinding ini kerap menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto ria. Pada dinding ini, tanaman hijau merambat tumbuh lebat. Sehingga pengunjung yang berfoto di dinding ini akan mendapat latar belakang "tembok hijau".

Dinding Sumanding berlokasi di lingkungan Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.


9. Curug Panganten

Wisata alam ciamik lainnya di Kota Banjar adalah Curug Panganten. Air terjun ini terletak di Dusun Sukamulya RW 02, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Lokasi Curug strategis, yaitu berada di jalur utama ke Pangandaran.

Sama dengan Curug Cibonte, Curug Panganten juga masih natural dengan pemandangan alam hijau. Udara sejuk di sekitar lokasi ini membuat wisatawan betah berada di kawasan tersebut.


10. Banjar Waterpark

Banjar Waterpark merupakan lokasi wisata kebanggaan Kota Banjar. Wisata air ini terletak di jalan Stadion Patroman, kelurahan Banjar, kecamatan Banjar, kota Banjar. Berbagai wahana permainan air sangat seru untuk dicoba karena mengundang adrenalin.

Wahana itu antara lain Boomerang dan superbowl dengan seluncuran berliku-liku yang cukup ekstrim. Sementara Lazy River adalah kolam renang untuk mereka yang ingin bermalas-malasan berenang sambil naik pelampung.

Jadi jangan lupa mampir ya ke wisata Kota Banjar. Dijamin tidak menyesal kok.