JAKARTA- Direktur Lembaga Advokasi  Untuk Demokrasi & Pembaruan (LANDEP), Mario Pranda mengusulkan supaya Joko Widodo (Jokowi) dalam memilih Calon Wakil Presiden dalam Pilpres 2019 dari latar belakang ekonomi dan hukum.

"Kami menilai Pak Jokowi sebaiknya  memilih Cawapres dari kalangan profesional baik berlatar belakang  ekonomi ataupun hukum. Itu karena tantangan Indonesia ke depan adalah masalah ekonomi  dan hukum," ujar Mario kepada wartawan, Selasa (27/3/2018).

Menurut Mario, praktik peradilan hukum di Indonesia sejauh ini jauh panggang dari api. Hukum kata Mario kerapkali dipermainkan.

"Penegakkan hukum di Indonesia masih jauh dari harapan. Ungkapan tumpul ke atas tajam ke bawah masih kerap kali  kami temukan di lapangan. Aparat penegak hukum masih banyak yang tersandung kasus korupsi," jelasnya.

Mario pun mencontohkan manuver politik Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang pada periode ke dua memilih ekonom sebagai Capresnya.

"Kita bisa melihat saat SBY masuk periode ke-2 tahun 2009 dengan memilih Pak Budiono, tokoh ekonom profesional murni sebagai wakil presiden mendampingi beliau," pungkasnya.