BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa telah memutuskan bakal pensiun dari MotoGP akhir musim nanti. Meski begitu, kabar bahwa dirinya akan menjadi test rider KTM semakin santer terdengar.

Pedrosa yang menjalani debut Grand Prix pada 2001, selalu membela Honda di sepanjang karirnya dan tak pernah pindah ke pabrikan lain. Di MotoGP, ia bahkan tak pernah membela tim selain Repsol Honda sejak 2006.

Di sela MotoGP Jerman pada Juli lalu, Pedrosa akhirnya resmi memutuskan dirinya bakal pensiun dari dunia balap akhir musim nanti, dan tempatnya di Repsol Honda bakal digantikan oleh Jorge Lorenzo.

Meski begitu, statusnya sebagai pembalap yang identik dengan Honda bisa berakhir tahun depan, mengingat ia gencar didekati oleh KTM untuk dijadikan sebagai test rider dan membantu pengembangan RC16, demikian yang dilansir Motorsport.

Honda mengaku akan mempertimbangkan untuk mempertahankan Pedrosa sebagai test rider. Namun ada kabar yang mengatakan bahwa keraguan Casey Stoner melanjutkan peranan serupa di Ducati membuat Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig tertarik membuat pembalap Australia itu kembali ke pabrikan Sayap Tunggal.

Hal ini pun menutup jalan Pedrosa bertahan di Honda, dan justru membuka jalan baginya untuk pergi KTM. Apalagi eks crew chief-nya sejak GP250, Mike Leitner telah menjabat sebagai Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing sejak 2014.

Test rider utama KTM, Mika Kallio diketahui mengalami cedera lutut kanan yang cukup parah usai mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas kedua MotoGP Jerman, yakni saat ia mendapat jatah wildcard untuk menjalani balapan.

Sebagai pengganti sementara Kallio, Randy de Puniet pun ditunjuk untuk membantu pengembangan RC16 di sisa musim. Pembalap Prancis inilah yang diperkirakan akan bekerja sama dengan Pedrosa untuk membentuk tim uji coba KTM yang berisi dua pembalap.

Meski begitu, Pedrosa diperkirakan takkan turun balapan di MotoGP musim depan andai benar-benar menjadi test rider KTM, mengingat pabrikan Austria itu bertekad untuk berhenti menyediakan fasilitas wildcard untuk para test rider-nya sejak 2019.