BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Basket Putra Indonesia harus menelan kekalahan telak pada laga perdana di Asian Games 2018. Skuad merah putih  takluk dari Korea Selatan dengan skor jomplang, 65-104 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Kemenangan Korea Selatan disokong oleh pemain naturalisasi mereka Ricardo Preston yang mencetak 30 poin. Dari segi statistik, hal yang paling mencolok adalah rebounds. Indonesia hanya mampu membuat 26 rebounds sedangkan Korsel dengan 41. Indonesia juga membuat 21 turnovers, bukti sangat sering kehilangan bola.

Laga dimulai, Korsel langsung memperlihatkan permainan agresif. Pergerakan mereka sangat cepat dan kerap kali membuat Indonesia kesulitan dalam bertahan. Akurasi tembakan tiga angka Korsel sangat apik dan mereka bergerak cepat untuk meninggalkan Indonesia dengan defisit 10 poin. Indonesia benar-benar bermasalah dalam defensive rebounds. Ratliffe selalu mampu mengalahkan Big Man Indonesia saat rebounds.

Korea Selatan benar-benar mendominasi jalannya pertandingan Pemegang medali emas pada Asian Games 2014 itu mengakhiri quarter pertama dengan skor 28-18. Pada quarter kedua, Indonesia mencoba bangkit. Dukungan maksimal dari penonton yang memenuhi Hall A membuat tim asuhan Victor Roring itu mampu memberikan perlawanan sengit. Walau begitu, Indonesia masih kesulitan menembus pertahanan Korea. Satu poin didapatkan Indonesia pada awal kuarter kedua lewat tembakan bebas Andakara Dhyaksa. Andakara Dhyaksa mencetak tiga angka dan membuat kedudukan menjadi 37-27 untuk Korsel. Korsel masih terlalu tangguh dan Indonesia hanya menambah empat poin pada kuarter kedua.

Pada quarter ketiga, Indoneisia lagi-lagi tak berdaya. Kim Sun Hyung dan kawan-kawan mencatat 27 poin berbanding 14 angka milik Indonesia. Korea Selatan memimpin 80-45. Pada kuarter keempat, pemain Indonesia seperti frutrasi. Terbukti, tiga pemain terkena foul out. Mereka adalah Adhi Pratama, Arki dan Valentinus Wuwungan. Korsel pun pada akhirnya menang dengan jarak sangat lebar, 104-65.

Pada laga selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada Senin 20 Agustus 2018. Bagi Timnas Indonesia, kemenangan akan membuat peluang mereka lolos dari fase grup tetap terbuka. Akan tetapi, jika mereka kembali kalah. Peluang tersebut akan sangat kecil. Karena, pada laga ketiga, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Mongolia pada Sabtu 25 Agustus 2018.