JAKARTA - Khofifah Indar Parawansa yang maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur menarget suara dari kaum perempuan di Jatim. Ia juga berjanji akan memperjuangkan kepentingan kaum perempuan dan juga anak-anak.

"Pengalaman ini yang menjadikan saya sangat sensitif gender. Bagi saya, perempuan adalah ibu bangsa, sehingga selayaknya kaum perempuan masuk dan berperan di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Khofifah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/1/2018).

Jumlah DPT di Jatim berdasarkan data dari KPU Jatim sebanyak 30.963.078 pemilih yang menyebar di 38 kabupaten dan kota. Dari jumlah DPT itu, sekitar 50 persen atau 15,5 juta pemilih adalah dari kaum perempuan.

Tidak hanya itu, Khofifah dan Emil Dardak sudah menyiapkan program pro-perempuan. Satu diantaranya menurunkan angka kematian ibu dan bayi, penguatan keterampilan untuk perempuan, sampai ekonomi serta bantuan modal usaha perempuan. Dengan program itu, kata Khofifah, menjadikan komitmen dirinya untuk penguatan peran serta posisi perempuan, yang pada akhirnya diharapkan dapat memperoleh dukungan suara dari perempuan.

"Karena saya perempuan, sekaligus ibu. Maka, secara konsisten saya akan berjuang untuk selalu mengakomodir kepentingan perempuan dan anak, agar hidup mereka makin sejahtera dan bahagia," jelasnya.