BREAKINGNEWS.CO.ID - Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon meraih gelar juara Jepang Open 2018. Pasangan nomor satu dunia tersebut menghempaskan perlawanan pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen, dua set langsung 21-11, 21-13, Minggu (17/9/2018).

Di gim pertama, Kevin/Marcus bermain menyerang dengan melakukan beberapa smash kerasnya. Smash dari Marcus gagal dikembalikan oleh Li Junhu dan membuat skor menjadi 6-4. Kevin juga melakukan smash dan membuat skor menjadi 10-6. Gim pertama pun ditutup dengan keunggulan bagi Kevin/Marcus 21-11.

Pada gim kedua, Kevin/Marcus berusaha mempertahankan tempo permainan dan dominasi. Namun, Li/Liu memberikan perlawanan lebih alot dan tak terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri. Bahkan, Kevin/Marcus sempat tertinggal 6-8. Situasi itu tersebut tidak membuat Minions panik, sehingga bisa keluar dari tekanan dan balik unggul 11-9 saat interval.

Setelah interval permainan semakin menarik. Lagi-lagi terjadi reli panjang yang membuat tenaga kedua pasangan terkuras. Namun, pasangan Li/Liu juga masih beberapa kali melakukan kesalahan sendiri, salah satunya servis. Kevin/Marcus cukup mudah meraih poin demi poin berkat aksi impresif dan pertahanan rapat. Gim ini kembali mereka menangi dengan skor 21-13.

Final Ideal

Pertandingan antara Kevin/Marcus dengan Li/Liu merupakan final yang ideal. Sebab, laga tersebut mempertemukan peringkat satu dengan peringkat dua dunia. Sepanjang 17 September 2017-13 September 2018, Kevin/Marcus memang tampil superior dengan menjuarai sembilan dari 13 turnamen perseorangan yang diikuti. Mereka antaranya memuncaki persaingan di World Superseries Finals 2017, All England 2018, dan Asian Games 2018.

Sementara itu, Li/Liu merebut dua titel juara di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia dan Kejuaraan Dunia 2018. Selebihnya, pasangan ini menjadi finalis, semifinalis, atau perempatfinalis dari 13 turnamen perseorangan yang diikuti.

Di samping lebih unggul gelar, performa Kevin/Marcus juga jauh lebih superior kala melawan Li/Liu. Menurut catatan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Kevin/Marcus alias Duo Minions dan Li/Liu telah bertemu delapan kali sejak pertandingan perdana di Vietnam Open 2015.

Kala itu, jagoan China tersebut berhasil menghempaskan Duo Minions lewat pertarungan ketat tiga set. Namun, dalam tujuh pertemuan berikutnya, Li/Liu selalu takluk. Kali terakhir keduanya bersua adalah di babak final nomor beregu Asian Games 2018.