BREAKINGNEWS.CO.ID – Tim penanggulangan terorisme Inggris dilaporkan tengah menyelidiki tiga ‘alat peledak kecil’ yang ditemukan di tiga lokasi berbeda di London pada Selasa (5/3/2019) waktu setempat. Kepolisian Metropolitan London (Scotland Yard), memberikan laporan bahwa paket-paket mencurigakan itu berbentuk amplop-amplop berlapis.

Ketigan paket itu ditemukan di sebuah blok perkantoran yang terletak tepat di Bandara Heathrow, salah satu ruang post stasiun Waterloo, dan sebuah kantor di dekat Bandara Kota London. "Paket yang seluruhnya dibungkus kantong pos putih ukuran kertas A4 sudah diselidiki oleh aparat spesialis perangkat peledak kecil," demikian pernyataan kepolisian yang dikutip AFP, Rabu (6/3).

Sky News memberikan laporan bahwa paket-paket itu berperangko Irlandia. Kepolisian negara di Inggris bagian barat itu menyatakan turut membantu penyelidikan. "Berdasarkan investigasi awal, alat-alat peledak tersebut tampaknya mampu memicu kebakaran kecil ketika dibuka."

Penemuan ketiga peledak itu bermula ketika kepolisian mendapatkan panggilan darurat ke Comppas Center sekitar pukul 09:55 pagi waktu London. Dua jam kemudian, peringatan bahaya berbunyi di Stasiun Waterloo, London Pusat. "Paketnya tidak dibuka. Petugas khusus langsung datang dan mengamankan paket tersebut," kata seorang petugas polisi.

Walaupun demikian, penemuan itu tidak memengaruhi operasional stasiun dan layanan transportasi kereta. Sekitar pukul 12:10, paket mencurigakan lainnya ditemukan di kantor City Aviation House, Royal Docks, yang tidak jauh dari Bandara London City.

Meskipun tidak memengaruhi operasional bandara, aparat menyatakan "telah mengeluarkan imbauan untuk pengguna transportasi umum di London agar lebih waspada." Kepolisian juga meminta warga untuk segera melaporkan apabila melihat atau mendapati paket mencurigakan di sekitarnya.