BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk segera melakukan pemetaan terhadap seluruh sekolah di Indonesia yang masih belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Bambang mengambil contoh kasus di SLTP dan SMA sederajat di Purwakarta, Sulawesi Tenggara, dan beberapa daerah lainnya. 
 
"Agar dapat segera dilakukan evaluasi dan perbaikan sarana dan prasarana," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta seperti dikutip, Kamis (21/2/2019). 
 
Bambang pun mendorong Kemendikbud agar meminta sekolah-sekolah yang belum siap atau belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menyelenggarakan UNBK, agar menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). 
 
Selanjutnya Bambang mendorong Kemendikbud memberikan imbauan kepada sekolah-sekolah untuk segera melaporkan kekurangan sarana dan prasarana di sekolah terkait penyelenggaraan UNBK, agar ke depannya UNBK dapat terlaksana secara menyeluruh di Indonesia. 
 
Selain itu Bambang mendorong Kemendikbud bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memberikan fasilitas komputer dan internet yang memadai ke setiap sekolah-sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK.