BREAKINGNEWS.CO.ID - Saat ini tengah banyak beredar kabar mengenai pendaftaran baru CPNS tahun 2018. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan bahwa kabar tersebut tidak benar atau hoax. Lagi pula kabar yang beredar tersebut tidak bersumber dari Kemen PANRB.

"Belum ada informasi resmi mengenai pembukaan dan pendaftaraan CPNS baru untuk  tahun 2018. Kabar yang beredar di masyarakat kami pastikan itu adalah hoax," ucap Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman di Jakarta, Senin (24/6/2018).

Herman Suyatman juga mengatakan bahwa, pada tahun 2018 ini memang ada rencana penerimaan CPNS baru. Posisi baru itu, terutama untuk formasi guru, tenaga kesehatan, serta formasi spesifik lainnya yang membidik Nawacita dan sesuai dengan core business instansi terkait. "Namun semua masih dalam proses. Sampai saat ini usulan formasi yang disampaikan oleh instansi melalui e-formasi masih dalam tahap validasi," jelasnya.

Herman Suryatman

Jadi Trending


Informasi yang beredar di berbagai media sosial saat ini seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS baru pada Juli 2018. Di sana disebutkan kriteria yang diperlukan, susunan formasi, dokumen yang dibutuhkan, alur pendaftaran, dan kuota penerimaan CPNS. Kabar rencana rekrutmen CPNS oleh pemerintah tahun ini banyak mencuri perhatian dari netizen. Terbukti kata kunci pencarian tentang pendaftaran CPNS 2018 sempat menjadi trending searches pada Google beberapa waktu lalu.

Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai pendaftaran CPNS tahun 2018. Misalnya untuk langsung mengecek pemberitahuan tersebut kepada instansi terkait. Apalagi Informasi yang beredar itu seolah-olah dari Kemen PANRB. Namun pihak Kemen PANRB kini memastikan tidak ada pengumuman seperti itu.

Untuk itu mohon kepada warga masyarakat Kemen PAN RB kembali meminta agar waspada dan berhati-hati dengan berbagai informasi simpang siur yang beredar namun tidak jelas sumbernya. "Semua informasi resmi terkait kebijakan pendayagunaan aparatur negara, termasuk rencana penerimaan CPNS tahun 2018, akan kami sampaikan melalui website menpan.go.id," ujarnya.