BREAKINGNEWS.CO.ID - Ternyata, kabar bohong kematian Rowan “Mr Bean” Atkinson berisi ancaman serius untuk computer para pengunggahnya. Tak hanya sekali, kabar kematian itu muncul hingga tiga kali . Dan ternyata, motif pengiriman kabar tersebut  tidak lain untuk  menyebarkan virus bagi komputer orang yang mengaksesnya.

Kabar itu muncul pada Selasa (17/7) setelah adanya unggahan yang mengklaim Atkinson telah meninggal karena kecelakaan mobil di Los Angeles. "FOX BREAKING NEWS: Mr. Bean (Rowan Atkinson)' meninggal di usia 62 setelah mobilnya tabrakan saat berupaya melakukan sebuah aksi yang sempurna. Hari ini Juli, 2017," tulis unggahan itu.

Situs Hoax Slayer mengungkapkan kepada Chronicle Live bahwa tautan-tautan itu akan menggiring pembaca ke laman pengamanan palsu yang mengklaim komputer mereka telah terkunci dan meminta mereka untuk menelepon sebuah nomer.

Hoax Slayer memperingatkan agar orang-orang tidak menelepon nomor itu. "Anda akan diminta untuk menelepon sebuah nomor untuk meminta pertolongan dengan masalah pengamanan tersebut," ujar perwakilan Hoax Slayer, dikutip Evening Standard.

"Meski demikian, jika anda menelepon sesuai yang diinstruksikan, staf dari laman palsu itu akan mencoba mengelabui anda agar anda memberikan detail kartu kredit kepada mereka, seolah-olah untuk membayar perbaikan komputer anda."

 "Para penipu itu mungkin juga akan mencoba untuk mengelabui anda agar mengunduh sebuah perangkat lunak yang akan memberikan akses mereka untuk mengontrol komputer anda, mencuri data anda, dan menginstal virus," papar Hoax Slayer.

Atkinson sendiri telah berulang kali menjadi korban cerita hoaks. Pada Maret 2017, Rowan Atkinson dikabarkan meninggal akibat bunuh diri. Situs itu bertuliskan logo BBC agar terlihat realistis.

Dalam pemberitaan bohong itu, dituliskan bahwa juru bicara Rowan Atkinson mengatakan, dirinya sedang berjuang melawan depresi berat.

Padahal pada tahun lalu di bulan September Atkinso baru kembali dari pusat rehabilitasi , seperti dikabarkan Los Angeles Times.

Kejadian serupa pernah dialami oleh sejumlah selebriti papan atas, termasuk Sylvester Stallone, Jackie Chan, Johnny Depp, Morgan Freeman, Eminem dan Adam Sandler