BREAKINGNEWS.CO.ID – Ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sulamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus melewati pertandingan melelahkan untuk mengamankan tiket babak final Jepang Open 2018. Berhadapan dengan wakil Cina, He Jiting/Tan Qiang, pasangan putra Indonesia ini akhirnya memastikan kemenangan lewat rubber set dengan skor 14-21, 21-16 dan 21-13 di Musashino Forest Sports Plaza, Sabtu (15/9/2018).

Pada awal gim pertama, Marcus/Kevin tampil cekatan dan mampu mendominasi jalannya pertandingan. Terbukti, mereka sukses mencetak keunggulan 5-1. Namun selanjutnya, He/Tan juga memberikan perlawanan yang sengit. Tekanan yang dilancarkan membuat Marcus/Kevin tampak kewalahan. Bahkan, He/Tan berhasil membalikkan keadaan menjadi unggul 11-10 saat masa interval.

Meski demikian, Marcus/Kevin tentu enggan menyerah begitu saja. Mereka berupaya keluar dari bayang-bayang sang lawan, dan sanggup unggul kembali. The Minion, julukan Marcus/Kevin, memanfaatkan sejumlah pengembalian bola tanggung dari He/Tan, dan mencetak poin demi poin lewat smes keras. Gim pertama akhirnya dimenangi Marcus/Kevin dengan kedudukan 21-16.

Kalah pada gim pertama, He/Tan mulai menunjukkan tajinya saat gim kedua. Penempatan bola dan keputusan yang tepat, serta sejumlah smes keras mampu memberikan keunggulan 11-7 untuk mereka. Pasca-interval, He/Tan masih mendominasi pertandingan. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan hingga mereka menang 21-14 atas Marcus/Kevin. Pertandingan pun akhirnya terpaksa ditentukan lewat rubber game.

Memasuki gim ketiga, Marcus/Kevin bermain lebih impresif. Pertahanan serta serangan yang dilancarkan berjalan efektif. Hasilnya, Marcus/Kevin menang 21-13 dan memastikan tiket ke final Japan Open 2018 untuk bertemu dengan peringkat dua dunia asal Cina, Li Junhui/Liu Yuchen. Sebelum ke final, Li Junhui/Liu Yuchen membekuk Chen Hung-ling/Wang Chi-lin dari Taiwan 21-14, 21-16.