BREAKINGNEWS.CO.ID - Atlet-atlet peraih medali di Asian Games 2018 mendapatkan keistimewaan. Mereka diguyur bonus sebelum Asian Games remi ditutup. Bonus pun langsung diberikan oleh Presiden Jokowi kepada 199 atlet pada Minggu (2/9/2018). Para atlet memperoleh bonus beragam sesuai dengan sumbangan medali dan nomor yang diikuti.

Fakta menariknya adalah, atlet paralayang, Jafro Megawanto. Dia adalah sosok yang mendapatkan nominal bonus terbanyak. Atlet yang akrab dengan paralayang sejak usia 13 tahun tersebut tertera menerima nominal Rp2,4 miliar. Nominal tersebut merupakan raihan terbanyak dibanding para atlet.Di ajang Asian Games, Jafro meraih 3 medali sekaligus, yakni 2 medali emas dan 1 medali perunggu.

Jafro meraih medali emas dari nomor ketepatan mendarat (KTM) perorangan putra dan KTM beregu putra. Sementara untuk medali Perunggu diraih dari nomor lintas alam beregu putra. Adaoun besaran bonus yang diberikan pemerintah kepada peraih medali yaitu:medali emas diberikan bonus Rp 1,5 miliar secara penuh dengan pajak sudah ditanggung. Adapun untuk pasangan atau ganda mendapatkan Rp 1 miliar per orang dan Rp 750 juta per orang untuk beregu.

Khusus untuk peraih medali emas, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono menyatakan akan membangunkan rumah tipe 36 dengan kisaran Rp 70 juta-100 juta. Sama seperti peraih medali emas, bonus untuk pendulang perak pun terbagi ke dalam tiga kelas. Untuk tunggal jumlahnya (Rp 500 juta), ganda (Rp 400 juta), dan beregu (Rp 300 juta) per orang.

Adapun untuk setiap atlet tunggal yang merebut medali perunggu dihadiahi Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta, dan beregu Rp 150 juta per atlet. Adapun untuk setiap medali kedua dan seterusnya, para pelatih mendapatkan Rp 225 juta untuk emas, Rp 75 juta untuk perak, dan Rp 37,5 juta untuk perunggu. Dengan demikian, Jafro mendapatkan bonus Rp 2,4 miliar, dengan rincian Rp 1,5 miliar dari medali emas kategori perorangan, Rp 750 juta dari medali emas kategori beregu dan Rp 150 juta dari medali perunggu kategori beregu.

Sementara itu, bonus terbanyak kedua diperoleh atlet panjat dinding, Aries Susanti Rahayu yaitu senilai 2,25 miliar rupiah. Aries sukses meraih medali emas panjat dinding speed putri: Rp 1,5 miliar dan medali emas panjat tebing speed relay putri beregu: Rp 750 juta