KARACHI--Istri Perdana Menteri Pakistan yang digulingkan, Nawaz Sharif, telah mengumumkan bahwa dirinya mencalonkan diri untuk kursi di Parlemen Pakistan.

Kulsoom Nawaz akan mencari kursi di parlemen setelah suaminya dipaksa mengosongkan jabatannya bulan lalu setelah terlibat dalam skandal Panama Paper. Surat nominasi Nawaz untuk mantan konstituen suaminya di Lahore diajukan oleh partai Muslim Pakistan dimana Nawaz bernaung.

Kulsoom, belum pernah mencalonkan diri untuk jabatan tersebut. Namun partai yang mengusung Nawaz yakin bahwa ia akan memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan yang akan berlangsung dalam waktu sekitar 45 hari.

Sharif mengundurkan diri setelah surat kabar tersebut mengungkapkan bahwa anak-anaknya terkait dengan perusahaan-perusahaan lepas pantai yang memiliki properti di London. Namun dia secara konsisten membantah melakukan kesalahan itu.

Namun Mahkamah Agung Pakistan mendiskualifikasi dia dari jabatannya setelah memutuskan bahwa Sharif tidak jujur karena tidak mengungkapkan pendapatannya dari perusahaan yang berbasis di Dubai dalam surat nominasinya selama Pemilu 2013.

BBC mengatakan hal ini tampaknya merupakan perubahan rencana keluarga, yang pada awalnya menunjukkan bahwa adik laki-laki Sharif akan mencalonkan diri untuk duduk di parlemen, dan kemudian menjadi perdana menteri.

Namun pekan lalu, partai yang berkuasa memilih loyalis Sharif Shahid Khaqan Abbasi sebagai perdana menteri. Mucul pendapat Abassi hanya akan menjabat sampai pemilihan PM tahun depan.