PADANG - Pengerjaan jalan tol Padang-Sicincin resmi dimulai setelah Presiden Joko Widodo membuka dimulainya proyek tersebut. Adapun ruas tol tersebut merupakan bagaian dari proyek jalan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru. Dalam peresmian tersebut, presiden sangat antusias sebab infrastruktur tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung prekonomian dan dunia bisnis di daerah itu. "Ini akan memberikan efek ekonomi yang luar biasa, termasuk untuk Provinsi Riau. Oleh sebab itu pada sore hari ini alhamdulillah kita bisa mulai proyek jalan tol Padang menuju ke Pekanbaru yang panjangnya 254 km," katanya, Jumat (9/2/2018).

Usai berpidato, Jokowi menekan tombol yang menandakan pengerjaan tol tersebut sudah dimulai. "Dengan mengucap Bismillah saya resmikan dimulainya jalan tol ruas Padang-Sicincin dan ruas Padang Bypass," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ruas tol Padang-Sicincin ini memiliki panjang 28 kilometer. Adapun proyek tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir 2018 dengan dana sekitar Rp4,8 triliun. Proyek tersebut juga merupakan tahap I untuk pembangunan Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru yang memiliki panjang mencapai 254,8 km. Proyek yang termasuk ke dalam Trans Sumatera itu diperkirakan akan membutuhkan dana investasi sebesar Rp78,09 triliun dengan target penyelesaian selam lima tahun (2018-2023).

Untuk pembayaran dana pembebasan lahan menggunakan dana talangan dari PT Hutama Karya selaku BUJT yang ditugaskan oleh pemerintah untuk membangun sejumlah ruas Tol Trans Sumatera. Biaya pembangunan yang cukup mahal sebagian akan didanai melalui pinjaman. Pemerintah Jepang menyatakan komitmennya untuk membiayai sebagian konstruksi yakni sepanjang 40 km, termasuk pembangunan terowongan sepanjang 7 km sehingga memperpendek jarak jalan tol.

Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru akan dilakukan dalam tiga tahap hingga tahun 2023 mendatang. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II menghubungkan Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III menghubungkan Sicincin-Bangkinang sepanjang 189 km. Selain itu dalam kesempatan ini, Jokowi juga meresmikan jalan Padang Bypass sepanjang 27 km. Proyek yang telah dibangun sejak 2014 itu telah rampung pada 2017 dan memakan dana sekitar Rp 426 miliar.