MAGELANG - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah memetakan wilayah yang dinilai rawan konflik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Habib Saleh, Ketua Panwaslu Kabupaten Magelang, menyebut Kecamatan Salaman, Muntilan, serta Borobudur adalah wilayah dengan potensi konflik paling besar. Begitu juga daerah perbatasan, seperti Ngablak serta Pakis, rawan terjadi pelanggaran.

"Borobudur itu sering jadi lokasi kampanye nasional sehingga lebih rawan dibanding daerah lain. Borobudur juga pernah ada petugas pengawas lapangan (PPL) yang dipukul, serta ada PNS tertangkap pasang gambar calon gubernur," jelas Habib, Rabu (22/11/2017).

Kasus sebelumnya di Muntilan serta Salaman, sambung Habib, pernah terjadi beberapa aksi dari kelompok masyarakat tertentu. Dua wilayah ini merupakan pusat perekonomian terbesar di Kabupaten Magelang.

"Di Muntilan ada komunitas tertentu yang sering menjadi sasaran organisasi massa. Dalam sejarahnya beberapa kali terjadi konflik rasial, bahkan pada Pemilihan Presiden lalu ada beberapa rumah yang dirusak massa," papar Habib.

Habib tidak memungkiri, setiap pesta demokrasi terjadi eskalasi kegiatan politik masyarakat. Hal ini yang berpotensi menimbulkan berbagai persoalan, rawan terjadinya gesekan, dan pelanggaran pada pelaksanaan Pemilu.

"Kami telah memetakan sejumlah titik yang kami nilai rawan terjadinya konflik. Titik tersebut kami lakukan pengawasan secara intensif serta langkah antisipatif, jangan sampai terjadi pelanggaran," tutur Habib.

Di samping itu, pihaknya juga mulai gencar mensosialisasikan pengawasan partisipatif, yaitu pengawasan pemilu dengan melibatkan beberapa kelompok masyarakat. Dengan pengawasan ini, mereka bisa ikut memantau serta melaporkan ke Panwas Kabupaten. "Tahap selanjutnya adalah sosialisasi Pemilu Damai melalui media, pertemuan, media sosial dan sebagainya. Kami aktif keliling serta berkomunikasi dengan masyarakat," tutur Habib.

Kabupaten Magelang secara berturut-turut akan menggelar Pemilu, mulai Pemilihan Bupati (Pilbup), Pemilihan Gubernur (Pilgub) serta dilanjutkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.