BREAKINGNEWS.CO.ID - Kesehatan merupakan bagian dari hidup manusia. Karena setiap orang pasti akan mendambakan hidupnya selalu sehat sepanjang usia, baik sewaktu masih kanak-kanak, muda maupun menjelang di hari tua. Salah satu penyakit yang diwaspadai adalah kanker paru-paru.

Kanker paru-paru merupakan jenis yang memakan angka kematian tertinggi, yaitu 1.59 juta pada tahun 2012, menurut World Health Organization (WHO). Hal ini menyebabkan banyak orang yang tidak didiagnosis dengan kanker paru-paru sampai penyakit ini memasuki tahap lanjut.

Untuk itulah perlu dipahami gejala awal kanker paru-paru agar penanganan bisa cepat dilakukan. Berikut langkah yang harus dilakukan seperti dilansir dari hellosehat.com.

1. Batuk yang tidak mau berhenti

Waspadai batuk yang terus-menerus terjadi. Batuk yang berhubungan dengan dengan infeksi pilek atau pernapasan akan hilang dalam satu atau dua minggu, tetapi batuk yang terus-menerus dan tetap dapat menjadi gejala kanker paru-paru.

Jangan mengabaikan batuk yang membandel, baik batuk kering atau berdahak. Sebaiknya segera temui dokter untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

2. Kondisi batuk

Jika mengalami batuk yang lebih sering, batuk yang lebih parah atau sampai membuat suara serak, batuk darah atau jumlah lendir yang tidak biasa, segera temui dokter.

3. Perubahan pernapasan

Napas yang pendek atau cepat terengah-engah (kehabisan napas) mungkin juga gejala kanker paru-paru. Perubahan pada pernapasan dapat terjadi jika kanker paru-paru membuat saluran udara tertutup atau menyempit, atau jika cairan dari bengkak kanker paru-paru menumpuk di dada.

Buatlah analisis sederhana ketika Anda merasa kehabisan napas atau sesak napas.

Jika Anda merasa sulit bernapas setelah menaiki tangga atau melakukan tugas-tugas yang mudah, jangan mengabaikannya.

4. Nyeri di daerah dada

Kanker paru-paru dapat menghasilkan rasa sakit di dada, bahu, atau punggung. Rasa sakit mungkin tidak terkait dengan batuk.

Jika Anda mengalami nyeri dada, apakah itu parah, konstan, atau intermiten, segera temui dokter.

5. Mengi

Ketika saluran udara menyempit, tersumbat, atau meradang, paru-paru akan menghasilkan suara mengi atau seperti bersiul ketika bernapas.

Mengi dapat dikaitkan dengan beberapa penyebab, beberapa di antaranya jinak dan mudah diobati.

Namun, mengi juga merupakan gejala kanker paru-paru, itu sebabnya perlu untuk memeriksakan diri ke dokter.

6. Suara serak

Jika Anda mendengar perubahan signifikan pada suara Anda, seperti serak, periksakan ke dokter.

Suara serak dapat disebabkan oleh pilek biasa, tetapi mungkin ini gejala yang menunjukkan sesuatu yang lebih serius ketika berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Suara serak terkait dengan kanker paru-paru dapat terjadi ketika tumor mempengaruhi saraf yang mengontrol laring atau kotak suara.

7. Berat badan turun

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, mulai dari 4 kg atau lebih, mungkin terkait dengan kanker paru-paru atau kanker jenis lain.

Penurunan pada pengidap kanker dapat terjadi akibat sel kanker yang menggunakan energi dari tubuh.

8. Nyeri tulang

Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang dapat menghasilkan rasa sakit di punggung atau di daerah lain dari tubuh.

Nyeri tulang sering memburuk pada malam hari dan meningkat seiring dengan gerakan yang dilakukan.

9. Sakit kepala

Sakit kepala mungkin merupakan pertanda bahwa kanker paru-paru telah menyebar ke otak.

Namun, tidak semua sakit kepala berhubungan dengan metastasis otak.

Kadang-kadang, tumor paru-paru dapat menciptakan tekanan pada vena cava superior. Ini adalah pembuluh darah besar yang menggerakkan darah dari tubuh bagian atas ke jantung.