BREAKINGNEWS.CO.ID - Bukan hanya menunjukan kecantikan, tetapi memberikan yang terbaik untuk Indonesia terlebih untuk daerah asal dari masing-masing finalis. Pada Senin (16/7/2018) malam para finalis Miss Grand Indonesia 2018 tampil dalam balutan kostum yang menggambarkan kekhasan daerah mereka di malam Preliminary atau babak pendahuluan. Para finalis memperlihatkan kebolehan mereka tampil di atas panggung catwalk, dimana hal tersebut masuk dalam penilaian dewan juri.

Sebanyak 30 finalis secara bergantian mempertunjukkan kostum yang kental dengan kearifan budaya mereka masing-masing, mulai dari Daerah Istimewa Aceh hingga yang terakhir Sumatera Utara. Tak hanya itu, para finalis kembali menunjukan kecantikan dan kebolehannya di atas panggung catwalk dengan menggunakan dress atau gaun malam.

Dewan juri yang menilai para finalis terdiri dari sponsor utama mereka, yang diwakili Vera Eve Lim (Direktur Bank Central Asia), Digna Faradiba (National Director Miss Grand Indonesia), Yudhistira (General Manager SCTV), Ivan Gunawan (Advisor sekaligus Desainer), Hendra Warsita (Direktur Markles Norklis Miss Grand Indonesia), Hariyanto, S.Sos, Rinaldy A Yunardi (Designer Aksesoris/Designer Mahkota Miss Grand Indonesia) hingga artis papan atas seperti Sophia Latjuba dan Ferry Salim.

Tak hanya 30 finalis yang tampil tadi malam, para tamu yang sebagian besar suporter dari para finalis dihibur oleh 2 penyanyi tanah air, yaitu Delon serta Maria Calista yang pernah dibawakan di Korea Selatan pada 2012 yang meraih The Best Vokal.

Pengumuman pemenang sebagai best costume akan dilakukan puncak Miss Grand Indonesia 2018 yang akan dihelat di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada Sabtu, 21 Juli 2018 mendatang. Pada malam puncak nanti para finalis akan diciutkan menjadi 10 besar, penentuan tersebut selain dari penilaian di malam preliminary juga dilakukan selama masa karantina, yang dilakukan sejak 9-21 Juli 2018.

Dikna Faradiba selaku National Director Miss Grand Indonesia 2018 mengatakan bahwa malam preliminary ini dilakukan penilaian untuk para finalis yang nantinya akan diumumkan siapa saja yang akan masuk 10 besar di malam penobatan. Tidak lupa dirinya juga kembali mengajak masyarakat mendukung para finalis di babak puncak mendatang.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan support para tamu undangan dan seluruh sponsor utama Miss Grand Indonesia, bank BCA dan juga dari apartement di BSD Tangerang, Miss Grand Indonesia, tibalah kami dihari penenuan untuk menuju malam puncak Miss Grand Indonesia 2018, dimana hari ini kami memilih 10 besar yang akan maju di babak puncak, sebagai finalis Miss Grand Indonesia. Tidak terasa, lima hari menjelang pemilihan Miss Grand Indonesia, dan kini sudah saatnya kami para dewan juri menenukan pilihan, dan  mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung para finalis, tidak menunggu lama sesuai dengan tema Beuty in Diversity," ujar Digna Faradigba, National Director Miss Grand Indonesia.

Saat ditemui awak media setelah acara, dirinya juga menjelaskan penilaian yang dilakukan dewan juri untuk menentukan pemenang best costume dan best evening gown dilihat dari 4 aspek.

“Malam ini akan ada pemilihan Best In Tradisional Costume dan Best Evening Gown, penilaian nya ada 4 aspek dari keunikan gaun maupun tradisional kostum yang digunakan kemudian bagaimana kemakmuran mereka mengunakan busana tersebut, kemudian penjiwaan mereka dan bagaimana keterikatan antara tradisional kostum dengan tujuan dari Miss Grand ini sendiri,” jelas Dikna.

Kegiatan Miss Grand Indonesia 2018 ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dimana para finalis sebelumnya sempat mengunjungi beberapa objek wisata di Sumatera Utara, yang juga menjadi penilaian dewan juri untuk 30 finalis Miss Grand Indonesia.

“Kita juga akan ada kegiatan dengan Kementrian Pariwisata dan Kementrian Sosial, memberikan penilaian, karena sesuai dengan visi dan misi Miss Grand Indonesia yaitu Stop The War and Violence, dimana Miss Grand Indonesia ini sebagai satu Beauty Pageant yang cukup konsen dibidang sosial untuk menyampaikan pesan perdamaian dan melakukan aksi kemanusiaan,” tambah Dikna.

Malam puncak Miss Grand Indonesia 2018 akan digelar pada 21 Juli 2018 di Jakarta Convention Center (JCC).