BREAKINGNEWS.CO.ID - Istri mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, Rosmah Mansor, didakwa dengan 17 tuntutan termasuk juga pencucian uang sebesar 7 juta ringgit Malaysia atau sekitar 25,6 miliar rupiah dalam persidangan yang berlangsung pada Kamis (4/10/2018).

Uang miliaran rupiah itu diindikasikan berasal dari skandal korupsi lembaga investasi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menjerat suaminya. Walaupun demikian, dalam persidangan Rosmah bersikukuh tidak bersalah atas seluruh tuduhan yang dilayangkan jaksa penuntut kepadanya.

Salah satu pengacara Rosmah, Geethan Ram Vincent, juga mengajukan pembayaran jaminan agar mantan ibu negara itu tidak ditahan. "Dia (Rosmah) merupakan istri dari mantan perdana menteri. Dia telah dipanggil Komisi Anti-Korpusi Malaysia (MACC) sebanyak tiga kali dan setiap kali dipanggil dia selalu hadir dan bersikap kooperatif," kata Geethan menentang tuntutan jaksa, seperti dikutip The Star.

Jaksa tidak menentang permintaan jaminan tersebut dan mengusulkan denda jaminan dibayar sebesar 10 juta ringgit Malaysia atau sekitar 34,8 miliar rupiah. Jaksa juga meminta paspor Rosmah ditahan untuk memastikan dia tidak ke luar negeri selama proses hukum masih berjalan. Dikenai denda demikian besar, Geethan meminta besar jaminan bagi kliennya itu diturunkan menjadi 250 ribu ringgit Malaysia atau sekitar 871,1 juta rupiah.

Seluruh tuntutan terhadap Rosmah berdasarkan pada Undang-Undang Anti-Pencucian Uang, Anti-Pendanaan Terorisme, serta Undang-Undang Kegiatan di Luar Hukum (AMLATFPUAA) 2001. Rosmah menghadapi sidang dakwaan pada Kamis (4/10) setelah ditahan oleh MACC pada Rabu (3/10). Rosmah ditangkap sekitar pukul 15.20 waktu Kuala Lumpur usai diperiksa oleh penyidik MACC selama sekitar empat jam.

Pemeriksaan Rosmah masih terkait penyelidikan dugaan keterlibatannya dalam skandal 1MDB. Seorang sumber menuturkan pemeriksaan Rosmah itu berkaitan dengan pembelian produk kosmetik anti-penuannya dari AS. Kosmetik tersebut disebut dibeli Rosmah senilai lebih dari 1 juta ringgit Malaysia atau sekitar 5 miliar rupiah. Sebelumnya, Rosmah sudah diperiksa MACC sebanyak dua kali terkait dengan keterlibatannya dalam skandal 1MDB.

Tidak hanya Rosmah, sang suami, Najib, juga turut mengikuti persidangan. Najib didakwa 32 tuntutan mulai dari pencucian uang, penyalahgunaan kekuasaan, hingga pelanggaran kepercayaan atas keterkaitannya dalam skandal korupsi 1MDB. Dilansir Reuters, Najib, yang sudah dua kali disidang, berkeras mengaku tidak bersalah atas seluruh tuntutan tersebut.