BREAKINGNEWS.CO.ID - Salah satu perusahaan asal Amerika, Intel Corporation baru saja meluncurkan secara resmi lini prosesor generasi kesembilan pada Selasa (9/10/2018). Prosesor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Intel meluncurkan jajaran prosesor desktop terbarunya dari keluarga Core termasuk Core i9-9900K yang diklaim sebagai prosesor gaming terbaik di dunia.

Setelah memperkenalkan lini prosesor Core i generasi kesembilan, Intel juga memperkenalkan seri penyegaran dari prosesor profesional mereka. Baik dari lini Core X dan Xeon, kedua lini tersebut mendapatkan pembaruan ke generasi kesembilan.

Jika melihat spesifikasinya, wajar jika Intel berani mengklaim Core i9-9900K sebagai prosesor gaming terbaik di dunia. Prosesor ini mempunyai delapan core dan 16 thread, dengan kecepatan standar 3,6 GHz yang bisa digenjot hingga 5 GHz.
 
Selain Core i9, Intel juga merilis Core i5 dan Core i7 generasi ke-9. i7-9700K punya empat core dan 8 thread, dengan kecepatan standar 3,6GHz dan 4,9GHz saat di-boost. Sementara i5-9600K punya enam core dan enam thread dan punya kecepatan standar 3,7 GHz yang bisa digenjot hingga 4,6GHz.

Perlu diingat, meski ini adalah prosesor generasi terbaru, Intel masih mengandalkan pabrikasi 14nm di jajaran prosesor ini, sama seperti prosesor generasi ke-5 berkode Broadwell yang dirilis pada 2014.

Intel menyebut prosesor generasi ke-9 ini dibuat dengan pabrikasi 14nm++, sama seperti prosesor generasi ke-8 alias Coffee Lake. Intel sendiri masih menunda kehadiran prosesor Cannon Lake yang diproduksi dengan pabrikasi 10nm hingga 2019 mendatang.

Prosesor generasi ke-9 ini juga adalah prosesor desktop pertama yang sudah mendapat perbaikan dari masalah Meltdown Varian 3 dan L1 Terminal Fault, demikian dikutip dari The Verge, Selasa (9/10/2018).

Core i9 diklaim memiliki kemampuan menaikkan FPS game sebesar 10 persen dari generasi sebelumnya, dan 37 persen dari prosesor Intel yang telah berumur 3 tahun.