BREAKINGNEWS.CO.ID - Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) telah merilis daftar 20 pemain yang akan tampil di Asian Games 2018, Senin (16/7/2018). Dalam daftar tersebut empat sosok berstatus pemain Timnas Korsel senior di Piala Dunia 2018 yang baru saja tuntas digelar. Ada Son Heung-min, kiper yang naik daun Cho Hyun-woo (Daegu FC), Hwang hee-chan (Redl Bull Salzburg), dan Lee Seung-woo (Hellas Verona).

Son dan Cho menjadi dua dari tiga pemain berstatus wild card karena usia mereka sudah lebih dari 23 tahun. Satu lagi pemain wild card (di atas 23 tahun) yang masuk Timnas Korea Selatan U-23 di Asian Games 2018 adalah penyerang Gamba Osaka, Hwang Ul-jo. Dengan begitu, pelatih Kim Bum-hak memilih untuk memaksimalkan jatah tiga pemain wild card yang diizinkan dalam tim sepak bola putra di Asian Games 2018.

Masuknya nama empat alumni Piala Dunia 2018 itu sebenarnya tak terlalu mengejutkan lantaran pelatih Kim sudah jauh-jauh hari mengisyaratkan membawa mereka. Kim bersama KFA hanya perlu mendapat izin dari klub-klub sang pemain mengingat Asian Games 2018 tidak masuk kalender FIFA sehingga ada potensi klub enggan melepas pemain. Son yang bermain di Tottenham Hotspur serta tiga pemain bintang lain itu, sudah mendapat izin.

Kim mengungkap sebenarnya juga ingin membawa Paik Seung-ho (Girona FC) and Lee Kang-in (Valencia). Namun, cedera yang menimpa Paik serta Lee yang tak dilepas Valencia, membuatnya mencari nama lain.

Di Asian Games 2018, Timnas Korea Selatan U-23 tergabung di Grup E bersama Malaysia, Bahrain, dan Kirgizstan. Namun, rumor yang berembus, yang menyebut bakal ada drawing ulang untuk pembagian grup, bisa jadi mengubah konstelasi itu.

KFA menjelaskan Timnas Korea Selatan U-23 akan kembali berlatih mulai 30 Juli 2018 dan menjalani uji coba kontra Irak sebelum bertolak ke Jakarta pada 10 Agustus 2018. Sepak bola putra Asian Games 2018 digelar pada 14 Agustus-1 September 2018.

20 Pemain Korea Selatan di Asian Games 2018

Kiper: Cho Hyun-woo, Song Beom-keun

Bek: Hwang Hyun-soo, Jung Tae-wook, Kim Min-jae, Kim Jin-ya, Cho Yoo-min, Kim Moon-hwan, Lee Si-young

Gelandang: Lee Seung-mo, Jang Yoon-ho, Kim Keon-woong, Hwang In-beom, Kim Jung-min, Lee Jin-hyun

Penyerang: Hwang Ul-jo, Son Heung-min, Hwang Hee-chan, Lee Seung-woo, Na Sang-ho