JAKARTA - Calon Wali Kota Bandung Nurul Arifin berkunjung ke rumah pejuang perempuan, Inggit Garnasih di Jalan Ciateul, Bandung, Rabu (21/2/2018). Rumah itu pernah dihuni oleh Inggit bersama suaminya, presiden pertama RI, Soekarno.

Nurul disambut cucu Inggit, Tito Zaini saat tiba di sana. Sembari melihat foto-foto Inggit, Nurul mendapat penjelasan soal sepak terjang Inggit khususnya saat mendampingi Presiden Soekarno.

"Tadi saya sudah dijelaskan banyak hal tentang betapa bersejarahnya rumah ini. Intinya adalah bahwa rumah ini tempat lahirnya tokoh bangsa (Soekarno) dengan pemikirannya yang revolusioner," kata Nurul.

Kesabaran dan ketegaran Inggit, menurut Nurul, patut ditiru kaum perempuan. Selain itu, iamengaku sangat terinspirasi sosok Inggit. "Bandung sesungguhnya rahim Indonesia karena dari Bandung-lah khususnya dari rumah ini semua perjalanan itu dimulai hingga kemerdekaan," ucapnya.

"Beliau mungkin banyak dilupakan tetapi sejarahnya dan apa yang dikenang Bung Karno sendiri bahwa Ibu Inggit wanita luar biasa yang memberikan support dan pengorbanannya yang rela ditinggalkan untuk bangsa dan negara," tambahnya.

Dia juga mengharapkan, nilai-nilai perjuangan yang diajarkan Inggit Garnasih bisa memberikan inspirasi dirinya bila diberi kepercayaan memimpin Kota Bandung. "Saya harap apa yang diperjuangkan Ibu Inggit dan pahlawan wanita lainnya seperti Dewi Sartika bisa terwakili di zaman kekinian oleh seorang Nurul dengan semua gagasannya," ucapnya.

"Insya Allah bisa mendapat dukungan dan kepercayaan dari masyarakat Kota Bandung sehingga bisa mewakili perjuangan para tokoh dan sejarahwan perempuan di Bandung saat ini," pungkasnya.