BREAKINGNEWS.CO.ID - Piala Dunia 2018 sesaat lagi memasuki jilid akhir. Dua tim akan saling bersaing demi titel juara di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018) pukul 22:00. Seperti biasa, pelatih Les Bleus Didier Deschamps menurunkan formasi terbaik mereka yakni 4-2-3-1. Posisi kiper Prancis sudah dipastikan akan menjadi miliki sang kapten, Hugo Lloris.

Empat posisi bertahan akan ditempati Rapahel Varane dan Samuel Umtiti sebagai bek tengah, di tambah Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez di posisi bek sayap kanan-kiri. Dua gelandang bertahan yakni Paul Pogba dan N’Golo Kante sudah tidak terbantahkan akan mengisi posisi tersebut. Begitu pun di gelandang serang yang akan masih mengandalkan Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Blaise Matuidi. Pada posisi penyerang, nama Olivier Giroud masih menjadi yang terdepan. Meski belum berhasil mencetak satu gol pun.

Olivier Giroud tetap jadi pilihan utama lini depan Prancis (Foto: Dok. fifa.com)

Di sisi berlawanan, Kroasia juga tak banyak berubah. Pelatih Zlatko Dalic menerapkan formasi 4-2-3-1. Di mana sang kiper Danijel Subasic masih mendapatkan kepercayaan untuk menjaga mistar gawang. Sementara bek tengah akan ditempati Domagoj Vida dan bek tangguh Liverpool Dejan Lovren. Sedang di posisi bek sayap kanan-kiri akan ditempati Sime Vrsaljko dan Ivan Strinic. Sementara itu, dua gelandang, Dalic mempercayakan Marcelo Brozovic yang lebih bertahan dan Ivan Rakitc yang membantu sang motor serangan Luka Modric. Pada posisi terdepan, Kroasia diprediksi masih akan tetap menurunkan sang penyelemat mereka di semifinal yakni Mario Mandzukic.

Fakta-fakta menarik Prancis vs Kroasia

1. Didier Deschamps bisa menjadi pria ketiga yang memenangi Piala Dunia sebagai pemain dan manajer setelah Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbauer (Jerman). Persentase kemenangan Deschamps di Piala Dunia adalah 73 persen, atau memenangi 8 dari 11 laga.

Dua gelandang Kroasia, Ivan Rakitic dan Luka Modrid (Foto: Dok. fifa.com)

2. Kroasia adalah negara ke-13 di dunia ini yang pernah mencapai final Piala Dunia, dan negara ke-10 dari Eropa. Dua finalis debutan terakhir berhasil menjadi juara yaitu Prancis di Piala Dunia 1998 dan Spanyol di Piala Dunia 2010.

3. Kroasia adalah tim pertama yang bisa mencapai final Piala Dunia setelah tertinggal lebih dahulu di tiga pertandingan fase gugur.

Ruang ganti Prancis (Foto: Dok. fifa.com)

4. Menilik dari rekor pertemuan, Les Bleus menjadi tim yang diunggulkan menjadi pemenang. Tercatat dari lima bentrokan terakhir, Prancis meraih tiga kemenangan, sedangkan Kroasia belum pernah menang.