BREAKINGNEWS.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan perluasan penerapan ganjil genap di kawasan DKI Jakarta agar diperluas saat musim kemarau. Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut alasan Pemrov mengintruksikan hal itu agar polusi di Jakarta dapat ditekan.

"Untuk gage dia diperluas tapi memang prioritas kita harus segera karena memang sekarang musim kemarau. Artinya saat musim kemarau berpengaruh terhadap gas buang yang dikeluarkan kendaraan bermotor tidak langsung turun," kata Syafrin kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Syafrin menyebut Pemprov DKI Jakarta berharap perluasan kebijakan ganjil genap di kawasan DKI Jakarta dipercepat. Pemprov disebutnya memprioritaskan perluasan gage ada musim ini dengan alasan untuk menekan polusi udara dari kendaraan-kendaraan di Jakarta.

"Perluasan gage kita harapkan bisa dipercepat tapi ini pun masih kita lakukan kajian karena segala sesuatu harus berdasarkan kajian komperhensif namun kita prioritaskan di musim kemarau ini," ungkap Syafrin.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Melalui ingub tersebut, Anies mendorong masyarakat berpartisipasi dalam menjaga kualitas udara Ibu Kota.

"Mendorong partisipasi warga dalam pengendalian kualitas udara melalui perluasan ganjil genap sepanjang musim kemarau," demikian kutipan Ingub Nomor 66 Tahun 2019, seperti dilihat detikcom, Kamis (1/8/2019).

Selain itu, melalui ingub tersebut, Anies juga menginstruksikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI menyiapkan peraturan gubernur (pergub).

"Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta agar menyiapkan penerbitan peraturan gubernur tentang perluasan ganjil genap," tulis Anies.