BREAKINGNEWS.CO.ID - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri memanggil 30 pemain untuk menjalani Training Camp (TC) alias pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Asia 23. Mayoritas pemain yang dipanggil Indra merupakan jebolan Timnas U-22 yang baru saja menjuarai Piala AFF U-22 di Kamboja. Indra memanggil tujuh nama lagi empat pemain muka baru.

Tujuh pemain tersebut adalah Ezra Walian (RKC Waalwijk), Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), Saddil Ramdani (Pahang FA), TM Ichsan (Bhayangkara FC), Mahir Radja Djamaoeddin (Bhayangakara FC), Kadek Raditya (Madura United), Feby Eka Putra (Bali United). Selama TC ini berlangsung, Andy Setyo dan kawan-kawan akan direncanakan program uji coba sebelum berangkat ke Vietnam.

PSSI pun menargetkan Garuda Muda lolos ke putaran final Piala AFC U-23 yang akan berlangsung Januari 2020 di Thailand. Selain menghadapi Kualifikasi Piala AFC U-23, Timnas U-22 juga akan menghadapi SEA Games 2019 yang akan digelar Desember mendatang di Filipina.

Jalan Terjal Menuju Panggung Asia

Di Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia tergabung di Grup K bersama Thailand, tuan rumah Vietnam dan Brunei Darussalam. Grup ini jelas berat, karena Vietnam adalah finalis dari edisi Piala Asia U-23 tahun ini, lalu kalah dari Uzbekistan. Sementara Thailand sebenarnya adalah tuan rumah dari Piala Asia U-23 2019. Kualifikasi akan dimulai pada 22-26 Maret 2019

Dari 44 tim yang ambil bagian pada kualifikasi ini, terbagi dari zona barat dan zona timur, hanya akan ada 16 tim yang melaju ke putaran final. Posisi satu dari tiap grup kualifikasi akan melaju. Selain itu, akan ada empat atau lima runner-up terbaik dari 11 tim runner-up fase kualifikasi yang akan lolos, tergantung apakah Thailand masuk dalam dua posisi teratas atau tidak di Grup K.

Piala Asia U-23 2020 juga bakal menjadi jalan ke Olimpiade 2020 yang akan diselenggarakan di Jepang. Tiga teratas dari Piala Asia U-23 2019 berhak melaju ke Olimpiade.

Berikut pemain Timnas Indonesia pada seleksi pertama Kualifikasi Piala Asia U-23

Kiper:
Awan Setho Raharjo, Bhayangkara FC
Satria Tama, Madura United
M. Riyandi, Barito Putera

Belakang:
Asnawi Mangkualam, PSM
Fredyan Wahyu, PSMS
Rachmat Irianto, Persebaya
Nurhidayat, Bhayangakara FC
Andy Setyo, PS Tira Persikabo
Bagas Adi, Bhayangkara FC
Firza Andika, AFC Tubize
SamuelChristianson,Sriwijaya FC
Mahir Radja Djamaoeddin, Bhayangkara FC*
Kadek Raditya, Madura United*

Tengah
Kadek Agung, Bali United
M. Luthfi Kamal, Mitra Kukar
Hanif Sjahbandi, Arema FC
Rafi Syaharil, Barito Putera
Gian Zola, Persela Lamongan
Sani Riski Fauzi, Bhayangkara FC
Witan Sulaiman, SKO Ragunan
Billy Keraf, Borneo FC
Todd Rivaldo, Persipura
Osvaldo Haay, Persebaya
Teuku Muhammad Ichsan, Bhayangkara FC*

Depan
Marinus Wanewar, Persipura
Dimas Drajad, PS Tira Persikabo
Ezra Walian, RKC Waalwijk*
Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk*
Saddil Ramdani, Pahang FA*
Feby Eka Putra, Bali United*