BREAKINGNEWS.CO.ID-Laga playoff penentuan peringkat 3-4 Piala Dunia 2018 antara Inggris vs Belgia akan dilangsungkan Sabtu (14/7/2018) mulai pukul 21.00 malam waktu setempat atau Minggu (15/7) pukul 01.00 dini hari WIB di Saint Petersburg Stadium. Medali perunggu dari 'Rusia 2018' kini menjadi target kedua tim. Oleh karena itu, baik Inggris atau Belgia diyakini akan menurunkan starting XI yang jauh berbeda dari pertemuan pertama mereka di akhir penyisihan grup, saat Three Lions menyerah 0-1 pada Setan Merah.

"Menempati peringkat ketiga identik dengan meraih salah satu posisi terhormat di turnamen ini, dan itulah yang kini coba kami kejar," ungkap Gareth Southgate, manajer timnas Inggris. Roberto Martinez, manajer timnas Belgia, menyebutkan, menempati posisi ketiga tetap membanggakan. "Dan di atas lapangan nanti saya yakin para pemain tetap merasa seperti berada di final, apalagi melawan Inggris."

Gareth Southagte dan Roberto Martinez sama-sama dituntut untuk menyelesaikan pertandingan terakhirnya dengan kemenangan, agar ada yang bisa dibawa pulang ke negaranya masing-masing, yakni medali perunggu. Hal itu yang membuat pertaruhan peringkat ketiga tetap menarik.

Ada beberapa statistik yang mewarnai laga Inggris vs Belgia ini. Pengalaman akan menjadi salah satu perbedaan terbesar. Enam pemain dari tim Setan Merah telah mengenakan seragam nasional lebih dari 80 kali, dengan Jan Vertonghen di urutan teratas dari 107 penampilan. Di kubu Inggris, Gary Cahill adalah pemain paling berpengalaman dengan 61 penampilan.

Gareth Southagte akan memainkan 'sebelas pertama' yang bisa menentukan keunggulan, dengan Harry Kane tetap dipercaya sebagai kapten. Saat dikalahkan Belgia 0-1 di akhir fase grup, Southgate menurunkan delapan pemain cadangannya, sementara Martinez malah menyimpan sembilan pemain intinya.

"Semua pemain tentunya ingin diturunkan, tidak ada masalah dengan kebugaran mereka, tetapi keputusan terakhir tetap ditangan manajer," kata Harry Kane, kapten The Three Lions.

Inggris dan Belgia sudah sering bertemu di turnamen resmi, termasuk Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1954 dan 1990 duel Inggris dan Belgia harus diakhiri dengan perpanjangan waktu. Di babak 16 besar Piala Dunia 1990 di Italia, Inggris mengalahkan Belgia 1-0 dari gol David Platt di menit ke-119.

Termasuk dengan laga di fase grup Piala Dunia 2018, Inggris dan Belgia sudah 22 bertemu. The Three Lions memiliki rekor superior dengan 15 kemenangan, lima seri dan dua kekalahan. Belgia mencatatkan kemenangan keduanya di fase grup Piala Dunia 2018 ini, mengalahkan Inggris 1-0 dari gol pemain cadangan Adnan Januzaj.