JAKARTA - Beredar kabar PT Honda Prospect Motor (HPM) dikabarkan melakukan penarikan terhadap empat model mobilnya yaitu Honda Mobilio, Brio, BR-V, dan HR-V produksi 2015-2017. Recall ini diduga ada masalah pada master rem keempat model tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy mengatakan memang ada instruksi ke bengkel resmi untuk meneliti permasalahan-permasalah di produk Honda. "Ya aktivitasnya ada di bengkel untuk penelitian. Kita memang instruksikan untuk penggantian," ujarnya Jonfis.

HPM telah mengumumkan kampanye product update komponen Master Cylinder dan Master Power pada sistem pengereman beberapa kendaraan buatan mereka. Tipe yang masuk dalam kampanye ini adalah Honda Mobilio tahun produksi 2014-2017, Honda Brio tahun produksi 2014-2017, Honda Jazz tahun produksi 2014-2017, Honda HR-V tahun produksi 2014-2017, dan Honda BR-V tahun produksi 2015-2017.

Sedangkan dalam keterangan resmi HPM, unit yang teridentifikasi dalam program ini sebanyak 463.891 unit di Indonesia. Masa kampanye PUD ini akan berjalan selama enam bulan, mulai 26 Januari 2018 hingga 26 Juli 2018. Sementara masa perbaikan akan terus berlangsung walaupun masa kampanye telah selesai. PUD wajib dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem rem yang bertujuan untuk melindungi keselamatan penghuni kabin pada saat berkendara.

Proses pemeriksaan dan atau pergantian komponen dilakukan tanpa pengenaan biaya apapun. Pemilik mobil hanya perlu datang ke bengkel dan meluangkan waktu 1-2 jam. Semua pemilik mobil Honda yang tipenya masuk dalam daftar bisa mengecek, apakah mobil mereka termasuk yang harus diganti komponennya, melalui laman http://pud.honda-indonesia.com/.

"Program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas. Karena itu, program ini merupakan bagian dari evaluasi berkesinambungan yang kami lakukan terhadap seluruh produk demi mencapai kepuasan pelanggan yang tertinggi," kata Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy.