BREAKINGNEWS.CO.ID – Mantan member girlband JKT48, Haruka Nakagawa, pada 10 Februari 2019 tepat berusia 27 tahun. Pada pertambahan usianya, Haruka mengungkapkan kisah yang selama ini menjadi pertanyaan dari publik yaitu terkait keluarganya. Hal itu disampaikan Haruka lewat cerita yang dibagikan di akun Instagramnya, @haruuuu_chan, Senin (11/2).

Lewat tulisan panjang yang diunggahnya, Haruka mengungkap jika selama ini dirinya bohong saat ditanya soal keluarganya. Haruka merasa di usianya yang ke-27 tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk mengungkap tentang kehidupan keluarganya. "Banyak yang tanya aku tentang keluarga 'keluarga kamu gak ke Indonesia? Gak kangen sama orangtua?' Aku selalu jawab 'enggak kok, karena di sini seru jadi enggak apa-apa' gitu. Tapi lama-lama pasti kalian juga penasaran dan aku juga udah capek berbohong terus. Aku juga mikir kapan cerita ke kalian ya? Tapi bingung juga jadi cari waktu yang tepat. Mungkin sekarang di umur aku 27 tahun adalah waktu yang tepat," tulis Haruka Nakagawa.

Haruka menjelaskan jika ia sudah tidak tinggal bersama kedua orang tuanya sejak berumur 3 tahun. Mereka bercerai saat Haruka masih kecil. Ia mengaku karena perpisahan itu, ia lupa wajah ibunya dan hingga saat ini ia tak lagi bertemu dengan ibunya. Haruka dan saudaranya memilih tinggal dengan sang ayah. Akan tetapi karena kesibukan sang ayah, Haruka dirawat neneknya. Namun pada akhirnya ia dan saudaranya tinggal di tempat seperti panti asuhan karena nenek mereka sering sakit. "Dari usia 3 tahun aku enggak pernah ketemu ibu aku sendiri. Aku enggak ingat juga muka ibu aku sendiri, dan aku enggak pernah ketemu ibu, enggak tahu di mana (ibu) sampai sekarang. Dari situ aku tinggal bareng sama nenek aku. Karena papa aku mungkin sibuk jadi aku gak pernah tinggal bareng sama papa juga. Terus nenek aku ada sakit jantung jadi sering masuk RS jadi aku dan kakak aku dan adek aku sering tingga di tempat kayak panti asuhan," ungkapnya.

Meski merasa memiliki nenek masih lebih baik daripada tak punya keluarga sama sekali, di hati kecilnya Haruka tetap bersedih. Terlebih saat duduk di bangku sekolah, ia melihat teman-temannya diantar dan dijemput oleh orang tuanya. "Waktu lulus sekolah, nenek datang, tapi aku malu karena (teman-teman) datangnya sama mama dan papa. Aku doang sama nenek. Mungkin pas kecil enggak mikir apa-apa." Haruka pun sempat enggan berfoto dengan neneknya saat acara kelulusan tersebut. Tapi, harusnya bersyukur juga karena masih ada nenek," tulis Haruka lagi.

Haruka dan saudaranya pun tinggal selama beberapa tahun di panti asuhan. Meski sedih, Haruka tetap bersyukur karena di sana ia bisa mendapakan kakak dan adik baru yang masih dekat dengannya. Haruka mengaku jika sudah lama dirinya ingin menceritakan hal tersebut. Namun hal itu urung dilakukan karena ia merasa malu. "Apalagi di Indonesia banyak yang sayang keluarga, tapi aku enggak ada orang tua kan malu banget, beda sama kayak yang lain. Aku sering bikin cerita tentang mama, papa, tapi itu semua bohong. Aku yang bikin sendiri. Maafin ya selama ini aku bohongin kalian," aku Haruka.

Dari kisahnya ini, Haruka Nagakawa berniat untuk menjadi ibu yang baik dan tidak ingin anak-anak lain bernasib sama seperti dirinya. Melalui ceritanya ini pula, Haruka ingin memberi dukungan pada anak-anak yang memiliki kisah yang sama dengannya untuk tetap tegar karena suatu hari nanti mereka pun akan mendapat orang baik seperti yang didapat Haruka kini. "Terima kasih banyak untuk selalu mencintai aku setiap saat. Suatu hari nanti aku akan menikah dan aku ingin menjadi ibu yang baik! Dan aku tidak mau anak-anak lain (punya) pengalaman seperti aku," lanjut Haruka.

"Dan aku pengen kasih tahu anak-anak yang sama kayak aku, kalian pasti suatu saat nanti dapat orang yang sangat baik. Meskipun sekarang belum dapat tapi sesaat nanti pasti dapat pengalaman yang terbaik. aku yakin! Karena aku juga begitu," ungkap Haruka. Nama Haruka mulai dikenal setelah menjadi anggota grup idola JKT48 di Indonesia. Setelah lima tahun, Haruka menyatakan lulus dan memutuskan bersolo karier. Wajahnya pun kini kerap muncul dalam program televisi sebagai penyanyi dan pemandu acara.