JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional, di lapangan Kemendikbud, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018). Pada kesempatan itu, ia berpesan supaya segenap pihak mesti bersinergi dalam upaya memperkuat pendidikan. Upacara diikuti oleh pegawai Kemendikbud, ratusan siswa dari berbagai tingkatan SD sampai SMA.

Upacara peringatan ini mengambil topik 'Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan'. Dalam sambutannya, ia mengajak seluruh elemen masyarakat mesti menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan serta kebudayaan. "Guru, orang tua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Indonesia," ujar Muhadjir dalam sambutannya.

Selain itu, Muhadjir meminta masyarakat supaya menjadikan Hardiknas tahun ini sebagai momentum untuk melakukan refleksi terhadap usaha-usaha yang sudah diperjuangkan dalam dunia pendidikan. "Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan," jelas dia.

Muhadjir juga memberi penghargaan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada 907 Pegawai Negeri Sipil yang sudah setia pada Pancasila dan UUD 1945 dan pengabdian kepada negara selama 10 sampai 30 tahun.