Washington- Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengatakan pada Minggu (10/12/2017) bahwa setiap wanita yang berbicara tentang perilaku seksual yang tidak pantas, "harus didengar," termasuk penuduh Presiden Donald Trump.

Berbicara di acara televisi CBS "Face the Nation," Haley ditanya oleh moderator John Dickerson tentang perhitungan budaya yang terjadi pada isu pelecehan dan penyerangan seksual, termasuk pengunduran diri baru-baru ini dari tiga anggota Kongres yang telah dituduh melakukan pelecehan seksual. Haley mengatakan bahwa dia "sangat bangga dengan wanita-wanita yang telah maju."

"Saya bangga dengan kekuatan mereka," tambahnya. "Saya bangga dengan keberanian mereka, dan saya pikir gagasan bahwa ini terjadi, saya pikir ini akan mulai membawa hati nurani ke situasi ini, tidak hanya dalam politik, tapi di dalam, Anda tahu, kita pernah melihat di Hollywood, dan di setiap industri, dan saya pikir waktunya telah tiba," ucap Haley.

Selain rekaman "Access Hollywood" 2005 Trump yang menyombongkan diri tentang meraba-raba wanita yang muncul selama kampanye 2016, beberapa wanita menuduh Trump melakukan pelecehan seksual. Trump menghubungkan bahasanya di rekaman itu ke "ruang ganti loker" dan telah membantah melakukan pelecehan  seksual.

Ketika ditanya tentang penuduh Trump oleh Dickerson pada hari Minggu, Haley mengatakan bahwa para wanita harus didengar. "Maksud saya, Anda tahu, hal yang sama, apakah wanita yang menuduh seseorang harus didengar," kata Haley. "Mereka harus didengarkan dan mereka harus ditangani, dan saya pikir kami pernah mendengarnya sebelum pemilihan, dan saya pikir ada wanita yang merasa dilanggar atau diperlakukan dengan cara apapun, mereka berhak untuk berbicara."

Tuduhan terhadap Trump telah disirkulasikan kembali dengan pembicaraan saat ini tentang pelecehan seksual di Kongres dan tuduhan terhadap kandidat Senat Alabama Roy Moore, yang dituduh melakukan hubungan dengan remaja, menganiaya seorang anak berusia 14 tahun dan melakukan penyerangan seksual terhadap seorang anak berusia 16 tahun ketika dia berusia 30-an. Moore berulang kali membantah tuduhan tersebut.

Meskipun tuduhan terhadap Moore, Trump mendukung kandidat Republikan yang kontroversial menjelang pemilihan hari Selasa.

Ketika ditanya bulan lalu tentang tuduhan melawan Trump, sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan: "Dengar, saya pikir ini cukup banyak dibahas selama kampanye. Kami mengatasinya saat itu. Rakyat Amerika, saya pikir, berbicara sangat keras dan jelas. ketika mereka memilih Presiden ini, " ungkap Sanders.

Haley menggemakan pernyataan dari Gedung Putih tentang tuduhan tersebut, mengatakan kepada Dickerson bahwa apakah masalah tersebut diselesaikan selama pemilihan adalah "agar orang-orang memutuskan."

"Anda tahu, itu untuk orang-orang untuk memutuskan," kata Haley kepada Dickerson saat ditanya apakah ini adalah masalah yang diselesaikan setelah pemilihan. "Saya tahu bahwa dia terpilih Tapi, Anda tahu, wanita seharusnya selalu merasa nyaman untuk maju, dan kita semua harus mau mendengarkannya."