JAKARTA - Budaya Korea memang memiliki magnet tersendiri bagi mereka yang menyukainya. Salah satunya Perayaan "Kimchi Day" yang di peringati setiap tanggal 22 November. Karena banyak mendapatkan perhatian dunia, situs jejaring Google tidak mau ketinggalan untuk ikut merayakan "Kimchi Day".

Hal ini terlihat dari halaman utama situs tersebut yang menampilkan doodle berupa sayuran dan bumbu masakan, yang membentuk tulisan Google.

 

Kimchi adalah sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Pertama kali ditemukan di Korea sekitar 2.600 tahun yang lalu. Pada masa kerajaan Goryeo masih berjaya, kimchi digunakan sebagai makanan persembahan saat ritual penghormatan terhadap nenek moyang.

Sampai sekarang, kimchi masih menjadi menu andalan orang Korea. K-popers pasti sering melihatnya di drama-drama Korea. Di lidah sejumlah orang Indonesia, kimchi yang bercita rasa asam dan asin tak ada bedanya dengan acar. Beberapa orang Indonesia malah menganggap rasanya aneh hingga emoh menyantapnya.

Padahal, seperti diceritakan seorang tour guide di Seoul, Korea Selatan beberapa tahun lalu, kimchi merupakan salah satu kunci di balik perut rata perempuan-perempuan Korea. Omongan sang tour guide bertubuh langsing itu sesuai pula dengan pernyataan seorang ahli nutrisi bernama Cassandra Barns.

Seperti dilansir Google Doodle, kimchi mengandung bakteri baik yang bagus untuk pencernaan. Rutin menyantap kimchi bakal membuat perut Anda rata. Produksi kimchi terbanyak terjadi pada November hingga Desember.

Selama dua bulan kimjang atau kimchi curing disiapkan untuk menyambut musim dingin. Semasa kimjang, kubis dibuat acar dengan dipotong kecil dan direndam dalam air garam semalaman. Lalu ditambah lobak, cabai bubuk, daun mustard, peterseli, daun bawang, jahe, bawang putih dan udang. Bahan-bahan ini kemudian difermentasi.

Seluruh anggota keluarga biasanya masak bersama serta bertukar resep dan cerita selama kimjang. Kimchi Day atau Hari Kimchi ini telah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Di tahun ini, Google turut merayakan Hari Kimchi dengan memasang doodle kimchi.

Anda pun bisa ikut merayakan Hari Kimchi dengan menyantap kimchi di resto-resto Korea yang ada di kota Anda. Namun, ada satu pertanyaan. Sebagai penggemar drama Korea, Anda tahu gak siapa idol K-pop yang doyang banget kimchi? Ini jawabannya: Gongchan B1A4.

Dia suka semua makanan berbahan kimchi sejak kecil. Pantas perutnya rata! Rupanya, ia tak pernah rajin makan kimchi sejak kecil. Kalau Gongchan suka, bagaimana dengan Anda?