JAKARTA - Awal bulan ini, Google mengaktifkan update Pixel Visual Core untuk HDR + pada aplikasi pencitraan untuk pihak ketiga seperti Instagram, WhatsApp, SnapChat dan aplikasi lainnya. Saat ini layanan update chip diperbarui melalui Play Store untuk pertama kalinya, seperti dilansir dari Techntium, Selasa (27/2/2018).

'Visual Core' adalah chip khusus yang dirancang oleh Google. Chip delapan core yang dirancang khusus tersebut dapat memproses 3 triliun operasi per detik, dan tidak hanya mempercepat pemrosesan gambar HDR+ namun juga memungkinkan aplikasi pihak ketiga dapat menggunakan teknologi ini, seperti dapat memperpanjang masa pakai baterai.

Google juga mengelola beberapa aplikasi "Layanan" untuk Pixel, seperti "Pixel Ambient Services" untuk fitur pengenalan musik dan "Digital Health Services" untuk aplikasi baterai. Secara lebih luas, ada Layanan Operator, dan tentu saja layanan Google Play.

Update terbaru tersebut untuk perbaikan Visual Core Pixel yang membawa pemrosesan gambar HDR+ yang lebih efisien dan tugas belajar mesin lainnya. Google mencatat pada deskripsi Play Store bahwa "aplikasi ini mengupdate algoritma pengolahan dan algoritma pembelajaran pada ponsel Pixel 2." Agaknya, pengguna akan melihat beberapa keuntungan dari pembaruan ini, namun sepertinya tidak akan signifikan.

Google Pixel Visual Core sedang diperbarui melalui Play Store (Foto: dok. Techntium)