JAKARTA- Ketua Komisi XI DPR RI dari Fraksi Golkar, Melchias Markus Mekeng mengatakan, pembelian aset oleh pihak asing merupakan hal yang biasa. Hal tersebut diutarakan Melchias menanggapi saham perusahan Go-Jek, yang telah dibeli oleh beberapa perusahan seperti KKR & Co LP, Warburg Pincus LLC, dan perusahaan modal ventura Sequoia Capital, serta raksasa teknologi dari China yaitu Tencent.

"Jangankan Gojek, dulu Indosat dibeli sama asing juga kan. Kalau negara kita yang disuruh beli, dari mana duitnya, enggak mungkin kan dari APBN.  Dan jelas negara pasti melihat juga keuntungan untuk ke depannya seperti apa," ujar Melchias saat dihubungi, Senin (13/11/2017).

Menurut Melchias, peran pemerintah dalam dunia bisnis lebih kepada aturan main supaya berbisnis bisa nyaman dan mempunyai hak yang layak. "Peran pemerintah lebih pada pembuatan aturan main supaya yang berbisnis atau berlaku seperti itu bisa nyaman dan mempunyai hak yang layak," jelasnya.

Melchias berganggapan, kalau masalah peluang bisnis, apalagi perusahaan swasta, penjualan aset seperti itu lebih kepada keputusan pemegang perusahaannya. "Jangan dikit-dikit balik semua ke pemerintah. Dunia sekarang lebih terbuka, siapa saja bisa berbisnis selama mereka mengikuti aturan main," pungkasnya.