JAKARTA - “Pukul Guru Anda” merupakan gim gratisan yang mengajak pemain untuk menyiksa guru dengan berbagai benda. Gim ini mengandung adegan visual kekerasan dan brutal. Mengetahui hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) langsung mengambil langkah dengan memblokir gim kontroversial berjudul "Pukul Guru Anda" itu.

Kini situs gim tersebut sudah tidak bisa diakses di Indonesia, pada Senin (5/2/2018). Pemblokiran gim internet ini lantaran permintaan Kominfo tidak digubris. Bahkan, Kominfo telah memblokir situs poki.com secara keseluruhan.

Sekadar diketahui, gim Pukul Guru Anda dibuat developer asal Belanda. Kabarnya, gim ini sudah beredar sejak lama. Namun, gim gratisan ini ramai menjadi pembicaraan warganet pasca insiden penganiayaan seorang guru di Sampang yang berujung kematian oleh siswanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebelumnya sudah menerima aduan tentang gim tersebut. "Kementerian Kominfo menerima aduan konten dari media yang berisi gim dengan judul provokatif kekerasan yang tidak sesuai," ujar Chief RA dalam pesan singkatnya, Jumat (02/02/2018). Chief RA menyampaikan bahwa hal ini segera ditindaklanjuti dan telah dikomunikasikan ke penyedia konten pada pukul 15.30. "Penyedia konten diminta untuk menutup (takedown) dalam waktu 2x24 jam," ujarnya lagi.