BREAKINGNEWS.CO.ID - Lao Toyota hancur lebur saat bertandang ke Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (13/3/2019), untuk menghadapi tuan rumah PSM Makassar. Mereka diberondong tujuh gol oleh Juku Eja dan hanya mampu membalas tiga gol saja.

Pelatih Lao Toyota FC, Jun Fukuda, mengaku bingung dengan apa yang didapat oleh para pemainnya. Ia tak menyangka setengah lusin lebih bola dapat masuk ke gawang pemainnya. "Saya sendiri sampai sekarang belum tahu apa masalah sebenarnya. Saya analisa lagi, saya akan cek video. Satu per satu saya analisa," tutur Jun Fukuda selepas pertandingan.

Lao Toyota memang sempat memberikan perlawanan sengit untuk Abdul Rahman dan kawan-kawan pada babak pertama. Setelah kebobolan pada menit ke-12 lewat Wiljan Pluim, Lao sukses membalas dua menit kemudian melalui gol Kazuo Homma. Bola tendangan striker asal Jepang itu mengenai kaki Aaron Evans dan mengecoh Rivki Mokodompit.

Lao menutup babak pertama dengan tertinggal 1-2 setelah Zulham Zamrun mencetak gol pada menit ke-21. Gol tersebut bermula dari kerjasama apik antara Eero Merknanen dan Zulham.

Zulham yang menerima umpan terobosan di dalam kotak penalti, langsung melepaskan tendangan keras dengan menggunakan kaki kirinya. Bola hasil tembakan Zulham tak mampu dibendung kiper tim tamu, Outthilath Nammakhoth.

Pada baba kedua, perlawanan Lao mengendur. Lima gol sukses disarangkan oleh PSM yaitu oleh Wiljan Pluim (59'), Eero Markkanen (61' dan 70'), Ferdinand Sinaga (80') dan gol penutup pesta gol PSM oleh Marc Klok pada menit ke-85. Sedangkan Lao, pada babak kedua hanya dapat mencetak dua gol penghibur yaitu melalui Rafael pada menit ke-77 dan Kazuo menit ke-90.

Dengan kekalagan ini, Lao berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup H dengan poin 1. Meski demikian, Jun Fukuda masih optimistis dengan peluang timnya di AFC Cup 2019 karena masih ada empat pertandingan lagi yang tersisa. Salah satunya yaitu menjamu PSM 14 Mei 2019. "Hasilnya seperti tadi, tapi kami masih punya pertandingan-pertandingan selanjutnya dan kami akan mencoba terus positif," kata pelatih asal Jepang itu.