BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-22 berhasil menjuarai Piala AFF U-22 2019. Hasil itu didapat setelah mengalahkan Thailand pada partai final. Berlaga di Stadion Olimpic, Phnom Penh, Selasa (26/2/2019) Garuda Muda menang dengan skor 2-1. Dua gol kemenangan pasukan Indra Sjafri dicetak oleh Sani Rizki Fauzi pada menit ke-56 dan Osvaldo Haay pada menit ke-64. Sedangkan gol semata wayang Thailand dicetak oleh Jaronsak.
 
Awal babak pertama dimulai, kedua tim bermain berhati-hati. Baik Thailand dan Indonesia mencoba membaca permainan lawan satu sama lain. Thailand mendapatkan peluang pertama pada menit ke-23, Tim Gajah Putih hampir saja mencetak gol. Beruntung, Firza Andika bisa menghalau bola ke pinggir lapangan. 
 
Pada menit ke-33, Timnas Indonesia U-22 mendapatkan peluang emas melalui Witan Sulaeman yang melakukan kerja sama dengan Muhammad Luthfi. Namun, tendangan Witan dari dalam kotak penalti masih mudah dijinakkan kiper Thailand. 
 
Lima menit kemudian, Witan kembali mengancam melalui tendangan jarak jauh. Akan tetapi, bola meluncur pelan dan dengan mudah diamankan. Gagal lagi Timnas U-22 mencetak gol. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.
 
Pada awal babak kedua, Timnas Indonesia U-22 langsung menggembrak. Peluang didapatkan lagi-lagi dari Witan Sulaeman. Memanfaatkan umpan terobosan dari Gian Zola, Witan yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Kiper Thailand gagal menceploskan bola.
 
Marinus mencoba peruntungan pada menit ke-54. Namun, tendangannya masih jauh melenceng di samping gawang Thailand. Semenit kemudian berbalik Thailand yang mendapatkan peluang melalui Jaronsak. Beruntungan tendangannya dari dalam kotak penalti masih bisa dijinakkan Awan Setho.
 
Semenit kemudian, Thailand akhirnya mengoyak gawang Timnas U-22. Melalui tandukkan Saringkam memanfaatkan umpan dari tendangan bebas. Namun, keunggulan Thaialnd hanya berjalan sesat pasalnya Timnas Indonesia U-22 menyamakan kedudukan melalui tendangan Sani Rizki Fauzi.
 
Tmnas Indonesia U-22 berhasil membalikkan kedudukan pada menit ke-66 melalui sundulan Osvaldo Haay memanfaatkan umpan dari Muhammad Luthfi. Skor 2-1 untuk keunggulan Timnas U-22.
 
Pada menit 68, Thailand mendapatkan peluang emas melalui Jatsadakam melalui tendangan bebas. Beruntung Awan Setho dapat menghalau tendangan. 
 
Susunan Pemain:
 
Timnas Indonesia U-22: Awan Setho Raharjo; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugraha, Firza Andika; M Luthfi Kamal Baharsyah, Gian Zola Nasrullah, Sani Rizki Fauzi; Osvaldo Haay, Marinus Wanewar, Witan Sulaeman.

Timnas Thailand U-22: Karrapat Nareechan; Sampan Kesi, Kritsada Nontharat, Chatchai Saengdao, Saringkan Promsupa, Patcharapol Intanee, Jidsadakorn Kowngam, Jaroensak Wonggorn, Sakunchai Saengthopho, Marco Ballini, Tanpisit Kukalamo.