BARCELONA – Tim Scuderia Ferrari dikabarkan akan menganti unit mesin mobil Formula 1 pebalap mereka, Kim Raikkonen usai mesin yang digunakaan pada sesi latihan bebas kedua GP Spanyol 2018 di Sirkuit Cataluna, Barcelona, Jumat (11/5/2018) mengalami masalah.

Tepat pada 40 menit jelang berakhirnya sesi tersebut, mobil Ferrari SF71H yang dikemudikan Raikkonen mengeluarkan asap kecil saat sedang melaju menuju Tikungan 10. Meski mesinnya dimatikan, Raikkonen masih bisa meluncur kembali ke garasi skuat Maranello itu.

Seperti yang disampaikan oleh Motorsport, Ferrari kemudian mengonfirmasi bahwa mereka akan mengganti komponen mesin pembakaran dalam (ICE), turbocharger, dan MGU-H milik Raikkonen, sebagai langkah pencegahan jelang sesi latihan terakhir dan kualifikasi hari Sabtu (12/5/2018). Karena ini merupakan pertama kalinya komponen mesin Raikkonen diganti, maka ia tidak dikenai penalti grid.

Sementara itu FIA juga mengumumkan daftar pebalap yang berhak memasang girboks baru tanpa ada ancaman penalti karena mengalami kecelakaan pada ronde sebelumnya, GP Azerbaijan. Ada pun pebalap tersebut, Valtteri Bottas, Daniel Ricciardo, Max Verstappen, dan Esteban Ocon akan berlaga di GP Spanyol dengan girboks baru.

Sebelum tersingkir dari balapan, Nico Hulkenberg dan Romain Grosjean sudah lebih dulu memasang girboks baru. Keduanya pun juga berhak memasang girboks baru di Barcelona tanpa harus khawatir diganjar penalti.