BREAKINGNEWS.CO.ID-Raksasa La Liga, Barcelona, akhirnya menjadi pemenang dalam perburuan gelandang muda timnas Belanda, Frenkie de Jong, setelah mereka resmi mengumumkan kesepakatan transfer dengan pemain Ajax Amsterdam tersebut.

Barcelona lewat laman resminya menyatakan bahwa de Jong baru akan bergabung dengan tim Catalan tersebut mulai musim panas mendatang, tepatnya mulai 1 Juli 2019.

Barca menggaet De Jong dengan biaya mencapai 75 juta euro plus 11 juta euro dalam bentuk bonus. Gelandang 21 tahun itu mendapat kontrak selama lima tahun atau hingga musim panas 2024 mendatang.

Barcelona telah mengeluarkan uang tunai pendaratan Rabu ini Frenkie De Jong dari Ajax dalam kesepakatan senilai £ 65 juta awal naik menjadi £ 74 juta.

Tetapi, Philippe Coutinho akan tetap di Nou Camp untuk sementara waktu setelah rekan setimnya, Ousmane Dembele, mengalami cedera.

Coutinho telah dikaitkan dengan kepindahan ke Liga Premier, dengan Manchester United dilaporkan berada di depan antrian untuk merekrutnya, tetapi dia sekarang kemungkinan akan tetap tinggal.

Di tempat lain, Chelsea akhirnya menyelesaikan penandatanganan pinjaman Gonzalo Higuain dari Juventus. Di sisi lain, pengejaran Arsenal terhadap James Rodriguez akan basi- karena mantan bintang Real Madrid itu  lebih memilih Tottenham Hotspur.

Los Blancos dikabarkan ingin mendaratkan Christian Eriksen dan Rodriguez dapat ditawari dalam kesepakatan pertukaran.

Arsenal juga dilaporkan memiliki tawaran pinjaman untuk pemain United Eric Bailly ditolak, karena mereka berupaya menyelesaikan krisis pertahanan mereka.

Terkait kepindahan De Jong ke Barcelona, La Blaugrana sukses mengungguli dua pesaingnya, yakni Paris Saint Germain dan Manchester City.

Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu dan CEO Oscar Grau terbang langsung ke Amsterdam pada Rabu (23/1/2019) untuk menandatangani kesepakatan dengan Ajax dan De Jong.

Barca memang sejak lama mengincar De Jong. Pemain internasional Belanda itu diyakini bisa menjadi andalan di lini tengah Blaugrana dalam bertahun-tahun ke depan.

Karier sepak bola De Jong diawali di akademi Willem II Tilburg. Setelah sukses menembus tim utama pada 2015, di tahun yang sama Ajax memboyongnya ke ibukota Belanda.

De Jong sempat dua musim membela tim muda Jong Ajax sebelum tampil reguler di klub raksasa Eredivisie tersebut dan bermain sejak menit pertama dalam partai final Liga Europa 2017 lalu.

Penampilan konsisten di Ajax membuat De Jong dipanggil ke tim nasional Belanda dan menjalani debut berseragam De Oranje pada 9 Juni 2018 lalu.