BREAKINGNEWS.CO.ID - Federasi sepakbola dunia FIFA akan bakal hadir dalam pelaksanaan kongres luar biasa asosiasi sepakbola Indonesia  atau PSSI yang akan berlangsung pada 2 November mendatang. Kepastian tersebut diketahui dari surat elektronik atau email  dari Sekretaris Jenderal FIFA yang ditandatangani Lucav Nicola kepada salah satu calon anggota eksekutif Komite Ary Julianta Trijaka, Selasa (29/10/2019).

Dalam surat balasannya, Luca menulis bahwa FIFA diberitahu dan  diminta mengakui keputusan komite eksekutif PSSI untuk menggelar pemilihan pada tanggal  2 November tersebut. “ Hal itu dilakukan karena  karena  kami telah membantu PSSI dalam proses serta pemilihan. Atas alasan demikian, bersama AFC, FIFA akan hadir  guna mengamati pelaksanaan kongres Luar Biasa tersebut,”lanjutnya.

Alasan lain yang membuat FIFA serta perwakilan AFC akan hadir  antara lain karena mereka bersandar kepada kerangka kerja serta aturan yang diberlakukan pada pemilihan  tersebut adalah  Undang- Undang PSSI serta aturan pemilihan yang sudah ditetapkan melalui Kongres PSSI yang berlangsung pada 27 Juli 2019 lalu.

Seperti diketahui, salah satu kesepakatan yang dikeluarkan dalam pelaksanaan kongres 27 Juli 2019, sebagai bagian pendahuluan dari Kongres Luar Biasa akhir tahun ini antara lain, mempersiapkan pemilihan anggota Eksekutif Komite atau Exco yang baru.  

Keputusan kedua yang dikeluarkan adalah wacana untuk merubah pelaksanaan kegiatan yang semula diagendakan pada Januari 2020 namun diusulkan maju menjadi 2 November 2019.

Usulan perubahan tersebut yang oleh sebagian calon Ketua Umum serta sejumlah anggota Exco dianggap bermasalah dan potensi cacat hukum.