BREAKINGNEWS.CO.ID-Jamaah haji Indonesia mulai menjalani fase kepulangan gelombang II dari Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah pada Minggu (9/9/2018) dini hari WIB tadi. Kloter 41 Debarkasi Jakarta-Bekasi jadi yang pertama diberangkatkan ke Tanah Air.

Sebagaimana dilaporkan situs resmi Kementerian Agama, Minggu pagi, sebanyak 410 jamaah berangkat dalam rombongan tersebut. Menurut Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Jamaah Daker Bandara Muhammad Syarif, rombongan tersebut diberangkatkan dari dua hotel di Madinah secara bersamaan pada Sabtu (8/9) pukul 20.30 waktu setempat atau 02.30 Minggu dini hari WIB. Mereka bertolak ke Tanah Air pada pukul 04.30 dini hari WIB dengan penerbangan Saudia Airlines.

Setelah kloter tersebut, akan dipulangkan Kloter 38 Debarkasi Surabaya (450 jamaah) dengan pesawat yang berangkat setengah jam kemudian. Lalu menyusul Kloter 30 Debarkasi Jakarta-Pondok Gede (376 jamaah) pada pukul 05.30.

Sebanyak 17 kloter dipulangkan pada hari pertama pemulangan gelombang pertama tersebut. Sedikitnya 7.000 jamaah akan dipulangkan dari Bandara Madinah itu hari.



Pada waktu bersamaan, di Bandara King Abdulaziz Jeddah juga berangkat kloter terakhir pemulangan gelombang pertama pada Minggu dini hari. Hingga Sabtu pukul 16.00 waktu setempat, sebanyak 18 kloter atau 18 penerbangan dengan jumlah sebanyak 7.087 orang terdiri dari jemaah haji sebanyak 6.997 orang dan petugas kloter 90 orang pulang ke Tanah Air.

"Adapun untuk secara keseluruhan yg telah diberangkatkan dari airport jeddah sampai dengan hari ini sebanyak 213 kloter dengan jumlah sebanyak 87.028 orang dengan rincian jemaah haji 85.962 orang dan petugas kloter 1066 orang," kata Syarif.

“Beberapa jamaah sudah berada di Madinah untuk Shalat Arbain. Besok pulang 17 kloter,” kata Kepala Daerah Kerja Madinah Muhammad Khanif di Madinah.

Sebelumnya, Kelompok terbang Palembang menjadi rombongan jemaah haji pertama yang melakukan penerbangan ke Indonesia dari Mekah, Arab Saudi, pada akhir Agustus 2018.

Kelompok terbang Palembang merupakan satu dari 15 kloter yang pertama kembali pulang ke Indonesia. Hari selanjutnya menyusul kloter-kloter lain dari penerbangan gelombang pertama untuk terbang dari Bandar Udara KAAIA Jeddah.

Sementara itu, kloter gelombang kedua masih akan bergerak dari Mekah ke Madinah guna meneruskan rangkaian perjalanan ibadah setelah musim puncak haji.