BREAKINGNEWS.CO.ID - Pelatih Timnas U-18 Indonesia, Fakhri Husaini, mengeluhkan lapangan dalam penyelenggaraan Piala AFF di Vietnam. Menurutnya, lapangan yang digunakan tidak ideal.

Fakhri menilai lapangan Binh Duong 2 yang akan digunakan Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri dan kawan-kawan tidak seperti lapangan yang biasa dijumpai untuk menggelar pertandingan internasional. "AFF [Federasi sepak bola ASEAN] harus meninjau kembali lapangan pertandingan untuk babak penyisihan grup A. Setelah saya dan tim melihat lapangan, menurut kami kondisinya tidak layak terutama menyangkut aspek keselamatan pemain," katanya, seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Selasa (6/8/2019).

"Tidak hanya lebar lapangan yang tidak ideal, sisi kiri dan kanan lapangan kemiringannya juga tidak ideal, dan garis pinggir lapangan terlalu dekat dengan pagar kawat," sambungnya. Mantan kapten Timnas Indonesia itu berharap panitia dan AFF dapat memindahkan lokasi pertandingan demi keselamatan pemain. Walaupun demikian, kondisi lapangan pertandingan tidak menggoyahkan fokus pemain.

"Pelatih katakan, agar kami tetap fokus. Dimanapun kami bermain, tidak masalah. Lawan kami pun bermain di tempat yang sama. Kami pemain diminta untuk tidak begitu memikirkannya. Tetap konsentrasi dan menikmati hidup kami disini," ujar Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi. Terlepas dari kondisi lapangan, Fakhri menyatakan Tim Merah Putih siap tampil pada edisi ke-17 kejuaraan kelompok umur di bawah 18 tahun tersebut.

"Kami sudah siap tempur di turnamen ini. Pemain antusias dan mereka dalam kebugaran serta kondisi fisik yang baik," kata Fakhri. "Saya harap para pemain bisa rileks, nikmati pertandingan, tetap respek pada lawan [sebelum, sesaat dan setelah pertandingan], serta bisa mengambil pelajaran dari setiap laga yang mereka jalani," katanya menambahkan.

Sepakat dengan coach Fakhri, gelandang Timnas U-18 Indonesia, Rendy Juliansyah sudah tidak sabar bermain di turnamen tersebut. Pelatih, lanjut dia, sudah memberikan latihan persiapan bagi dia dan tim. "Beberapa uji coba juga telah kami jalani. Saya dan teman-teman akan berjuang keras dan siap bertempur, serta respek terhadap semua lawan yang akan kami hadapi," ucap Rendy.

Dalam turnamen AFF kali ini, Garuda Nusantara berada di Grup A bersama dengan Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina dan Brunei Darussalam. Skuat Merah Putih akan membuka laga dengan melawan Filipina, Selasa (6/8).